Launching Ceremony Program BRI Peduli “Konservasi Sungai Bendung

  • Whatsapp

PALEMBANG, beritaLima.com| Walikota Palembang meresmikan ‘Jembatan Selfl’ Sungai Bendung di kawasan Jalan Veteran, Kelurahan 9 llir, Senin (24/2/202). Pada kesempatan itu H Harnojoyo memasang gembok cinta sebagai perlambang cinta terhadap kebersihan sungai.

Jembatan Selfl ini diharapkan menjadi perwujudan komitmen warga sekitar jembatan untuk menjaga kebersihan sungai khususnya Sungai Bendung.

Pembangunan jembatan ini merupakan bagian dari program BRI Peduli Konservasi Sungai Bendung. lni merupakan rangkaian peringatan HUT ke-1OO Bank Rakyat Indonesia.

Pemimpin Wilayah BRI Palembang I Wayan Nasta menjelaskan, visi Palembang Emas Darussalam 2023 harus melibatkan andil seluruh pihak khususnya dalam menjaga kebersihan
lingkungan. Melalui Gerakan BRI Peduli pihaknya ingin ikut andil untuk mewujudkan visi Palembang Emas Darussalam tersebut.

“Kami melakukan konservasi sungai sepanjang 1,8 KM. Perwujudan konservasi tersebut salah satunya dengan membangun ‘jembatan seIfI’ di Kelurahan 9 llir,” Ujarnya.

Walikota Palembang H Harnojoyo menjelaskan, setiap Minggu Pemerintah Kota Palembang bersama masyarakat secara serentak membersihkan sungai dan anak sungai. Menurutnya, jatidiri Kota Palembang dimulai dari sungai.

“Saat ini di Palembang tinggal 114 anak sungai. Padahal sebelum kemerdekaan terdapat 371 anak sungai di Palembang,” Ujarnya.

Dijelaskannya, untuk menjaga kelestarian sungai harus dimulai dari kesadaran bersama. Untuk mengembalikan fungsi sungai dan anak sungai diperlukan restorasi yang membutuhkan biaya tidak sedikit.

“Dana itu tidak diperlukan bila perilaku masyarakat telah Iebih baik terhadap sungai. Ayo mari kita mulai peduli dengan sungai untuk warisan anak cucu kita. Jangan Iagi kita membuang sampah, mulailah kita kelola,” Pungkasnya.

Peresmian Jembatan Selfl Sungai Bendung disaksikan Kepala Balai Besar Sungai Sumatera VIII Birendrajana, Dandim 0418 Letkol Arm Widodo Noerchayo, dan pimpinan OPD Kota Palembang. Pada kesempatan tersebut H Harnojoyo melakukan self: dan weft bersama Forkopimda.

( Nn )

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait