LDKM STIAMAK Kuatkan Rasa Kebangsaan Mahasiswa

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhan (STIAMAK) Barunawati Surabaya mengajak para mahasiswa untuk menguatkan rasa kebangsaan dan cinta NKRI. Penegasan tersebut disampaikan dalam Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM) di pusat Diklat Narwastu, Claket-Pacet, Mojokerto, Minggu (22/5/2022).

“LDKM ini menjadi bagian dari program akademik. Tahun ini tema LDKM kita “Membangun Karakter Kebangsaan dan Bela Negara”,” kata Kepala Bagian Kemahasiswaan Mudayat SE MM saat pelepasan di kampus Jalan Perak Barat 173 Surabaya.

Menurut Mudayat, tema tersebut dipilih supaya para mahasiswa semakin sadar bahwa mahasiswa memiliki tanggung jawab yang besar dalam menjaga NKRI.

Di lokasi para mahasiswa digembleng TNI dari Kodikal dan Marinir Surabaya. Mulai dari aspek kedisiplinan waktu, tanggung jawab, penguatan fisik dan mental.

“Kegiatan LDKM ini cerdas dan menyehatkan. Mahasiswa di kampus STIAMAK diajarkan tentang bisnis pelabuhan, di medan pelatihan diajarkan tentang pentingnya hidup sehat dari teman-teman TNI. Sehat mental dan jasmani,” kata Kepala Humas, Marketing dan Kerjasama STIAMAK Barunawati Surabaya, Drs. Moh. Fail M.Ag.

Menurut mantan wartawan Jawa Pos Group tersebut, menjaga kedaulatan NKRI merupakan tanggung jawab bersama, termasuk para mahasiswa. Tanggung jawab akademis dengan disiplin kuliah, tanggung jawab sosial dengan membangun komunikasi ilmiah di lingkungan masing-masing, dan tanggung jawab kebangsaan dengan menguatkan pemahaman wawasan nusantara dan bela negara.

“Materi kepemimpinan mengajarkan kepribadian yang bertanggung jawab, memiliki konsep berkemajuan, kreatif dan mampu memberikan solusi,” kata Fail.

Sementara pelatih dari TNI I Ketut Pastika mengatakan, setelah libur pandemi dua tahun, mahasiswa terbiasa dengan online dan kurang berinteraksi dengan lingkungan.

“Sekarang kita sadarkan kembali dengan kedisiplinan waktu, etika interaksi, saling menghormati. Nilai-nilai kebangsaan dan semangat bela negara kita bangkitkan kembali,” kata I Ketut Pastika dengan didampingi marinir, Rasyidi.

Wakil Ketua II Bidang SDM dan Keuangan Tunggal Tripinto A DESS dalam sambutan penutup latihan mengatakan, mahasiswa harus bisa meraih sukses. Kuliah dengan baik, disiplin dan bersungguh-sungguh.

“Kami semua para dosen berharap kalian semua nanti akan menjadi orang sukses. Khusus kepada para pelatih dari TNI kami sampaikan terimakasih atas kerjasamanya,” kata Tunggal didampingi para dosen dan pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). (Gan)

Teks Foto: Para mahasiswa STIAMAK Barunawati Surabaya saat LDKM di Pusat Diklat Narwastu, Claket-Pacet, Mojokerto, Minggu (22/5/2022).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait