Lewat Webinar K3, BPJAMSOSTEK Dorong Produktifitas Kinerja Perusahaan Bojonegoro

  • Whatsapp

BOJONEGORO, beritalima.com | Peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2021 di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, diramaikan dengan gelaran seminar melalui zoom oleh BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Bojonegoro, Selasa (16/2/2021).

Webinar yang dibuka oleh Deputi Direktur Wilayah BPJAMSOSTEK Jawa Timur Deny Yusyulian ini dihadiri Kepala BPJAMSOSTEK Bojonegoro Dolik Yulianto dan Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bojonegoro Welly Fitrama.

Tidak kurang dari 130 perusahaan peserta BPJAMSOSTEK Cabang Bojonegoro hadir di webinar yang menghadirkan narasumber Pengawas Ketenagakerjaan Muda Disnaker Bojonegoro Endang Ramis E dan Psikolog Indah Sundari selaku motivator.

Selain mereka, webinar yang dimoderatori Alvina Fauziah ini juga menampilkan 2 narasumber dari Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Bojonegoro, yakni Kepala Bidang Kepesertaan Setyoningsih dan Kepala Bidang Pelayanan Ida Dwi Patnurjati.

Kepala BPJAMSOSTEK Bojonegoro Dolik Yulianto mengatakan, webinar ini menekankan tentang tertib administrasi serta Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di lingkungan perusahaan. Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kepatuhan pelaksanaan Program BPJAMSOSTEK pada perusahaan yang masih daftar sebagian upah, tenaga kerja maupun program.

“Selain itu kami juga memberikan sosialisasi tentang pentingnya penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di tempat kerja. Apalagi di masa pandemi ini, K3 merupakan kunci penting keberlangsungan usaha dan perlindungan pekerja atau buruh dalam rangka pencegahan dan penanggulangan Covid-19,” tambah Dolik.

Kabid Kepesertaan BPJAMSOSTEK Cabang Bojonegoro, Setyoningsih, menjelaskan, webinar ini merupakan kolaborasi antara Bidang Kepesertaan dengan Bidang Pelayanan dalam meningkatkan sinergitas dan harmonisasi antara BPJAMSOSTEK Bojonegoro dengan perusahaan peserta.

Nuning – panggilan akrab Setyoningsih – menambahkan, Webinar ini mengundang 150 perusahaan skala menengah dan besar, namun yang hadir dengan antusias sekitar 130 perusahaan. Dikatakan, tujuan dari webinar ini untuk menyampaikan informasi terkini terkait perkembangan program BPJAMSOSTEK, mendukung pelaksanaan Bulan K3, dan mendorong peningkatan produktifitas kinerja di masa Pandemi Covid-19.

Kabid Pelayanan BPJAMSOSTEK Bojonegoro, Ida Dwi Patnurjati, menambahkan, webinar ini merupakan lanjutan dari rangkaian kegiatan Bulan K3 Nasional 2021 yang diselenggarakan oleh BPJAMSOSTEK Bojonegoro. Kegiatan lain yang telah dilaksanakan sebelumnya adalah memberikan bantuan spanduk kampanye Bulan K3 dan alat pelindung diri (APD) Covid-19 kepada perusahaan.

Dia mengatakan, webinar K3 ini momentum bagi pengusaha dan pekerja untuk memahami pentingnya penerapan K3 di tempat kerja. “Harapan kami, walau masa pandemi Covid-19 belum juga berakhir, para pekerja dan pengusaha tetap bekerja secara produktif agar produktifitas perusahaan juga meningkat,” ucap Ida.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bojonegoro, Welly Fitrama, mengatakan, semua perusahaan di Kabupaten Bojonegoro, baik perusahaan skala besar, menengah maupun mikro, bersama-sama mendukung dan berupaya agar perekonomian di Bojonegoro segera pulih kembali.

Menurutnya, apa yang sudah dipaparkan Deputi Direktur Wilayah BPJAMSOSTEK Jawa Timur cukup luar biasa. Program perlindungan tenaga kerja, lanjutnya, dapat memotivasi bangkitnya perusahaan dan pekerja di tengah Pandemi, yang pada akhirnya akan memulihkan perekonomian di negeri ini. (Ganefo)

Teks Foto: Para narasumber webinar yang digelar BPJAMSOSTEK Cabang Bojonegoro dalam rangka peringatan K3 Nasional, Selasa (16/2/2021)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait