Lomba Ludah Pinang Terjauh Ramaikan Hut RI

  • Whatsapp
Caption foto : masyrakat melakukan lomba lidah pinag terjauh

JAYAPURA (beritalima.com)-peringatan HUT RI ke 71 selalu identik dengan beragam perlombaan yang di adakan,namun ada satu perlombaan yang menarik dan jarang di lakukan pada setiap perayaan HUT RI.

Perlombaan meludah pinangĀ  jauh di lakukan di kampung Argapura laut,Vietnam Rw 03 Distrik Jayapura Selatan di ikuti sebanyak 50an kepala keluarga berlangsung secara meriah.(selasa/16/8)

Selaku RT di Argapura Laut Jibral Waroy
ketika di jumpai Papua Pos usai melaksanakan Lomba mengatakan , serangkaian perlombaan yang dj laksanakan selama dua hari,merupakan bentuk rasa kecintaan dan penghormatan kepada negara indonesia .

“Perlombaan yang kita gelar dua hari 15-16 agustus beragam jenis ,dan semua itu kami lakukan untuk mengisi dan menyambut hari kemerdekaan republik indonesia ,”katanya

Lebih lanjut di katakanya,yang menjadi unik dalam rangkain perlombaan kami adalah lomba meludah pinang dengan mengukur siapa yang meludah paling jauh itulah yang keluar sebagai juara.

Dan bukan hanya perlombaan ludah pinang melainkan masih banyak perlombaan yang di lakukan,seperti lomba bola kaki,tarik tambang,lomba kelereng,tusuk balon berisi air dan lomba menangkap bebek.

Jibral juga menjelaskan di pilihnya lomba meludah pinang jauh sebagai bentuk peestarian akan budaya dan cri khas Papua,yang perlu kita lestarikan dan perlu di jaga.

“Makan pinang merupakan suatu tradisi dan kebiasaan masyarakat Papua,untuk itu dalam melestarikan budaya tersebut kami berinisiatif melakukan perlombaan tersebut,”Pungkasnya (res)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *