Lomba OSN, Ciptakan Anak Didik Berprestasi

  • Whatsapp

TORAJA UTARA , beritalima.com – Kembali Sekolah Dasar (SD) 5 Kristen Rantepao, kini, SD yang cukup ternama soal tingkat kwalitasnya kembali menorehkan prestasi saat mewakili Kabupaten Toraja Utara, saat mengikuti dalam Lomba Olympiade Sains Nasional ( OSN ) mata pelajaran matematika dan IPA di tingkat Provinsi.

Tiga sekolah, saat bakal mewakili OSN di tingkat Provinsi telah mengharumkan nama sekolah di Kabupaten Toraja Utara. Nama sekolah yang mewakili Kabupaten Toraja Utara, seperti SD 5 Kristen Rantepao, SDN 2 Nanggala dan SDN 4 Rantekarua.

Terkait apa yang telah diraih oleh peserta dari beberapa sekolah di Torut telah menyabet juara I dan II yang diraih oleh siswa dari SD 5 Kristen Rantepao, Mawar Sharon Parrangan dinyatakan oleh juri sebagai juara I dibidang mata pelajaran IPA saat Olympiade itu berlangsung.

Sharon, telah menyingkirkan rival mereka, loba yang diikuti oleh peserta dari berbagai sekolah tingkat SD, tentunya akan berdampak pada nama sekolah, dan tentunya telah menjadi kebanggaan kedua orang tua Sharon serta bagi daerah yang dikenal penghasil komoditi kopi terbaik ini.

Ini juga ditanggapi oleh Kepala Dinas Pendidikan Toraja Utara, DT. Rantetasak saat didampingi oleh Sekretarisnya, Daniel Silambi, saat dikomfirmasi Kamis (14/3/2018) diruang kerjanya, cukup merasa bangga siswa dari beberapa SD di Toraja Utara telah mengharumkan nama sekolah.

Mereka, juga membenarkan bahwa tiga SD di Toraja Utara saat mengikuti Lomba OSN mata pelajaran IPA dan Matematika menuju pada tingkat Provinsi yang telah meraih juara dan mengangkat nama sekolah serta daerah pada umumnya.

“Keberhasilan mereka tentunya tidak terlepas dari peran guru serta sekolah dalam membimbing mereka. Dan tentunya keberhasilan yang mereka raih akan menjadi motivasi buat rekan-rekan mereka,” ujar DT. Rantetasak.

Sementara ungkapkan yang sama seperti dikatakan Daniel Silambi, Menambahkan, siswa yang meraih juara dari dua mata pelajaran, dengan sistem penerapanya dalam bentuk pemidial teaching dan Paiforcement (Pengayaan) dengan harapan siswa dapat betul betul menguasai materi pembelajaran rutin yang diberikan sekolah khususnya Materi yang ada.

“Apa yang telah diraih saat ini terus dipertahankan dan ditingkatkan sehingga mutu dan kwalitas sekolah tetap mengharumkan nama daerah ini,” ujar Daniel.

Siswa yang meraih perestasi dan berhasil juara dalam lomba OSN Tingkat Kabupaten dan selanjutnya mewakili Toraja Utara untuk mengikuti lomba ketingkat Provinsi yaitu, SD Kr 5 Rantepao masing masing , Mawar Sharon Parrangan meraih juara 1 lomba Mata Pelajaran IPA dan Febrilian Triputra juara II.

Sedangkan untuk lomba Mata pelajaran Matematika juara I diraih Puan Achir Gendis Semule dan Christie Maharani Lallo,untuk nilai III, dari keterangan Daniel Silambi

Secara terpisah, salah satu Siswa yang berhasil meraih juara I OSN tingkat Kabupaten Mata pelajaran IPA, Mawar Parrangan yang juga merupakan putri dari anggota DPRD Toraja Utara Agustinus Parrangan, saat ditemui media ini menuturkan , tentunya sebagai orang tua pasti merasa bangga dengan prestasi bisa mewakili Toraja Utara di event Propinsi. Dan semua ini tidak terlepas dari bimbingan guru di sekolah mereka dan para tutor di tempat bimbingan belajar KIDS pada sore hari.

“Saya yakin semua anak – anak di Toraja Utara mampu berprestasi, karena pada prinsipnya tidak ada anak – anak tidak ingin meraih hal tersebut, tinggal bagaimana sebagai orang tua memberi ruang kepada mereka untuk termotivasi dengan menggali bakat dan talenta yang ada pada anak dan serta perlu diarahkan,” pungkas Agustinus Parrangan sebagai legislator di komisi III yang membidangi pendidikan. (gs).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *