beritalima.com

LSM LIRA Gagas LIRAMART Pemasaran UMKM – Koperasi Lewat Online (E-Commrce)

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com | Dalam rangka membantu Koperasi dan UMKM (Pengusaha Kecil), LSM LIRA (Lembaga Swadaya Masyarakat Lumbung Informasi Rakyat) gagas LiraMart untuk membantu pemasaran produk UMKM dan Koperasi melalui online (E-Commerce). LiraMart juga membuka jaringan ke luar negeri, seperti Malaysia.


Menurut Presiden LSM LIRA, HM. Jusuf Rizal kondisi saat ini akibat Pendemi Covid-19 membuat pengusaha UMKM dan Koperasi mengalami masalah serius. Dengan diberlakukannya pembatasan sosial membuat penjualan menjadi anjok dan berdampak pada pemasukan.


“Untuk itu kami menghadirkan LiraMart yang merupakan plafon digital yang memadukan pemasaran melalui online. Ada LiraMart direct selling (Menampung Produk UMKM dan Koperasi), PPOB (Payment Point Online Banking) dan E-Commerce (platform pemasaran yang menggunakan internet, web, atau media elektronik lainnya untuk transaksi bisnis),” tegas pria sang penggagas LiraMart kepada media di Jakarta.


PPOB adalah singkatan Payment Point Online Banking yang menjadi salah satu cara dalam melakukan pembayaran yang terkoneksi secara online dalam waktu yang nyata dan juga menjalin kerjasama dengan pihak perbankan. Bisa membayar Listrik, Air, tagihan lain dan juga pembelian
Sedangkan Mall Online(E-commerce) . E-Commerce sendiri berfungsi untuk memfasilitasi bisnis di internet, kita dapat membeli dan menjual produk atau jasa secara online. Setiap bentuk transaksi bisnis yang dilakukan secara elektronik disebut dengan E-Commerce. 


Melalui E-Commerce memungkinkan terjadinya transaksi komersial antara organisasi ataupun individu. Business-to-Consumer (B2C). E-Business mencakup seluruh kegiatan/usaha yang dilakukan dengan bantuan media digital. Jadi semua orang dapat melakukan pemasaran produknya melalui platform digital LiraMart

beritalima.com


Pendemi Covid-19 mau tidak mau dan suka tidak suka, Koperasi dan UMKM tidak bisa lagi hanya mengandalkan transaksi secara langsung. Jika perusahaan besar saja mengalami kesulitan, tentu Koperasi dan UMKM lebih parah. Koperasi dan UMKM sudah harus masuk ke dunia pemasaran online.


Melalui LiraMart masyarakat Koperasi dan UMKN dapat memposting berbagai produknya dengan mendounwload aplikasi di Google Play maupun APP Store dan mendaftar jadi member.  Untuk mengenalkan LSM LIRA juga akan menggerakkan jaringannya diseluruh Indonesia dan Luar Negeri, seperti Malaysia.


“Kami juga akan menggandeng Pemda-Pemda, organisasi maupun para pengrajin untuk memasarkan produknya lewat LiraMart. Selain itu kami juga menyediakan konsultasi masalah packanging, branding, digital marketing, diversifikasi produk hingga turut mencari dukungan permodalan,” tegas Jusuf Rizal yang juga Sekjen Perkumpulan Media Online Indonesia (MOI) itu


LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) merupakan organisasi yang didirikan oleh HM. Jusuf Rizal tahun 2005 setelah berhasil membantu SBY-JK (Blora Center) menjadi Presiden. Kemudian pada Pilpres 2019 melalui jaringan LSM LIRA membentuk Relawan The President Center ikut memenangkan pasangan Jokowi-KH.Ma’ruf Amin. LSM LIRA berhasil meraih Rekor Muri sebagai LSM terbanyak cabangnya di Indonesia sejak tahun 2009 hingga kini.

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait