Luhut: Pushidrosal Berperan Super Besar Di Republik Ini

  • Whatsapp
KSAL Laksamana TNI M. Ali, Menko Marves Luhut B. Panjaitan dan Danpuhidrosal Laksdya TNI Budi Purwanto

Jakarta, beritalima.com |– “Hasil studi kami melihat bahwa Pushidrosal (Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut) dari awal mempunyai peranan super besar di Republik kita ini, salah satunya peranan penting untuk visi Indonesia 2025,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan.

Luhut yang hadir dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Hidrogafi tahun 2024 di Jakarta (25/6). mengakui peran strategis Pushidrosal, karena menjadi bagian untuk menjadikan Indonesia sebagai negara berpendapatan tinggi dan pusat peradaban maritim dunia.

“Indonesia harus bisa mengoptimalkan penggunaan dan pengelolaan sumber daya maritim, dengan salah satunya melalui Pushidrosal,” jelas Luhut. Setiap tanggal 21 Juni, diperingati sebagai Hari hidrografi dunia. Peringatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang hidrografi dan perannya dalam meningkatkan pengetahuan tentang kelautan di dunia.

Pushidrosal sebagai perwakilan negara Indonesia dalam Organisasi Hidrografi Dunia (IHO), keberadaannya diakui secara internasional. “Dalam hal ini Hidrografi atau pemetaan dasar laut menjadi persyaratan dasar untuk mengoptimalkan penggunaan sumber daya maritim. Melalui pemetaan dasar laut yang rinci, aktivitas berbagai sektor di laut akan meningkat dan menghasilkan nilai tambah serta lapangan kerja yang besar,” papar Luhut.

“Untuk itu diperlukan penguatan Pushidrosal dan peningkatan kolaborasi antar Kementerian Lembaga, universitas, dan pihak swasta. Selain itu, penggunaan teknologi harus dilakukan juga untuk mempercepat pemetaan dasar laut, salah satunya berkolaborasi dengan mitra internasional dalam jangka pendek,” ungkap Luhut.

Sementara dalam jangka menengah – panjang, Indonesia harus membangun kapasitas armada-nya untuk melalukan survei pemetaan dasar laut. Langkah-langkah tersebut harus didesain secara cermat dalam road map jangka menengah panjang eksplorasi dan pemetaan dasar laut Indonesia, dengan dukungan dana dan anggaran yang mencukupi untuk mempercepat pemetaan dasar laut.

“Saya bilang ke KSAL (Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali) bahwa Pushidrosal merupakan lembaga yang harus diperkuat lagi perannya, agar lebih dari sekarang ini. Kita butuh untuk memperkuat Pushidrosal ini. Oleh sebab itu, saya berharap pertemuan ini bisa mendapatkan banyak masukkan untuk negara tercinta ini,” jelas Luhut dihadapan KSAL dan Komandan Pushidrosal Laksamana madya TNI Budi Purwanto.

Jurnalis: Abriyanto

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait