Lurah Pa’bundukang Buktikan Pada Bupati Takalar, 100 Hari Kerja Program Unggulan dan Strategis 5 Taman Inspirasi

  • Whatsapp

TAKALAR. Lurah Pa’bundukang Kecamatan Polombangkeng Selatan Takalar Muh.Kasim SE, baru seratus hari di beri amanah dan tanggung jawab, tepat pada hari ini Sabtu (14/11/2020), betul-betul melaksanakan apa yang diperintahkan dan membuktikan pada Bupati Takalar pada saat di lantik, persis 100 hari yang lalu, meminta melakukan inovasi dan terobosan untuk kemajuan Kelurahan Pa’bundukang.

Di awal kepemimpinannya, Kasim membuat tagline “Pa’bundukang Bersinergi” tujuan menyatukan seluruh potensi untuk membangun Pa’bundukang yang jauh lebih maju dan membanggakan ke depan.

Adapun inovasi dan terobosan di lakukan berupa membangun 5 Taman Inspirasi dalam bentuk :Taman Segitiga Polongbangkeng (TasPolPa’bundukang), Taman UKM & Kuliner, Taman LoVe Pa’bundukang,
Taman Layanan Publik Pa’bundukang &
Taman Sorga (Tanaman & Sayuran Organik) Kelurahan Pa’bundukang.

Sedangkan inovasi lainnya seperti telah membentuk BUMKEL,Badan Usaha Milik Kelurahan di beri nama “Bumkel Pa’bundukang Bangkit”,
bertujuan membangkitkan potensi Ekonomi Masyarakat dan mengelolah Taman UKM & Kuliner sebagai Pusat kegiatan Ekonomi Usaha dan Pusat oleh-oleh di wilayahnya.

Inovasi lainnya memaksimalkan pelayanan dengan nama Prita Siloka (Pelayanan Prima Takalar Sistem Layanan Online Kelurahan), kata salah seorang cucu dari Pejuang Polongbangkeng, Basullu Daeng Lawa dikenal sebagai algojo Polongbangkeng ini, kata Kasim yang pernah ceramahi puluhan doktor dan calon doktor dari berbagai bidang ilmu anggota Aliansi Dosen Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ADPERTISI).

Layanan publik ini memberikan kemudahan kepada masyarakat Pa’bundukang, cukup foto KTP, KK dan surat pengantar dari kepala lingkungan, dokumen di butuhkan sudah bisa di buatkan, selesai di ambil sambil menyetorkan data yang di foto tadi sehingga efektif dan efesian sekaligus menghindari penyebaran Covid-19 dan pungli.

Ada juga Program Pa’bundukang Bincang-bincang, Program ini di inisiasi dengan tujuan dapat dengan cepat menyerap apa aspirasi atau keinginan dari masyarakatnya.

Serta telah melakukan sosialisasi dan pencegahan Covid-19 dengan mengadakan pembagian masker, handsanitaizer, alat cuci tangan,alat semprot ke masing-masing lingkungan di serahkan Bupati Takalar di ruang pola kelurahan.

Lurah Pa’bundukang juga membuat Posyandu, membangun drainase, memberikan pelatihan pelaksanaan jenazah dan pelatihan khutbah,juga membagikan bibit produktif dengan bekerjasama Dinas Lingkungan Hidup.

Pemasangan Lampu PLTS ke 4 lingkungan,sedang berjalan Program Jum’at Bersih Gema Tasamara dan juga Program Pa’bundukang “Berseri” (Bersedekah Sepuluh Ribu ), Program ini juga sudah berjalan bekerjasama Komunitas TDA dan melibatkan partisipasi dari warga dan kantor yang ada di wilayahnya seperti Kantor Unit BRI, Polsek, Koramil, Pegadain.

Saat ini saldo sudah jutaan dan sudah di manfaatkan membantu masyarakat yang berduka atau kesusahan,bantuan ke masjid bahkan di pakai memperbaiki lampu jalan yang rusak, mencat taman, harapannya seperti Baitulmal nantinya.

Aktif menjalin kerjasama pihak kampus, baru-baru ini telah Hadir Pengurus Pusat ADPERTISI (Aliansi Dosen Perguruan Tinggi Swasta Indonesia) yang menjadikan Kelurahan Pa’bundukang sebagai Kelurahan Percontohan serta bersinergi dengan Mahasiswa KKP Plus Unismuh Makassar dan UIN Makassar.

Muh.Kasim SE, sering di panggil Daeng Saung sedang merancang Pa’bundukang menjadi Kampung UKM dan Menjadi Kampung Organik.

Harapannya,ada pusat oleh-oleh khas Takalar di wilayahnya l kebetulan berada di poros jalan nasional dan berharap pada setiap rumah di Pa’bundukang ada 1 wirausaha baru tercipta, ada Bank Sampah Produktif,dengan tukar Sampah Plastik Masyarakat bisa bayar Pajak & Tagihan Listrik.Dia akan terus melakukan inovasi dan terobosan.

Sosok lurah yang satu ini adalah mantan aktivis di masanya, pernahp wajadi Ketua HMI dan Hipermata Komisariat STIE Amkop Makassar.

Juga pernah menjadi pengurus HIPMI,KNPI Takalar dan berbagai organisasi lainnya.

Saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan S23 di Program Pascasarjana STIE Nobel Makassar..

Dia berharap qilayah yang di pimpinnya akan semakin maju dan jauh lebih baik lagi kedepannya dengan bekerjasama berbagai pihak/stakeholder dengan selalu mendapat bimbingan dari Bupati Takalar dan pastinya selalu berharap Berkah & Petunjuk dari Allah SWT.

Acara 100 hari kepemimpinannya ini diadakan ini sekaligus peresmian inovasi, terobosan serta karya-karyanya dan juga di rangkaikan Acara Maulid Nabi Besar Muhammad SAW sebagai teladan bagi kita semua, ungkap, salah satu tokoh pemuda Takalar asal Polongbangkeng lahir 39 tahun lalu di Moncongkomba

Amanah wajib ditunaikan, kata alumni Pondok Pesantren Tarbiyah Takalar

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait