Pemilihan Ketua OSIS SMAN 1 Bireuen Secara Voting Online, Tetapkan T. Fadhal Alfarizi Sebagai Ketua Umum

  • Whatsapp

BIREUEN ACEH_ beritalima.com I Sebanyak 878 siswa dan guru SMA Negeri 1 Bireuen telah memberikan suaranya untuk memilih Ketua OSIS untuk Periode 2020-2021 pada pemilihan ketua OSIS yang digelar secara voting online dan berlangsung sukses pada pada tanggal 11-12 November 2020 di sekolah setempat.

Perdana dan menarik dalam proses pemilihan ketua OSIS SMA Negeri 1 Bireuen kali ini karena dilakukan secara daring atau voiting online. Panitia masuk ke dalam kelas kemudian mempersilahkan siswa memilih calon ketua OSIS melalui handphone yang telah disediakan oleh panitia. Proses pemilihan dengan sistem online ini hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 menit per siswa. Bahkan hasilnya dapat disaksikan secara langsung oleh seluruh siswa dan dewan guru sekolah melalui Zoom.

Pengurus OSIS Periode 2019-2020 telah berkontribusi secara maksimal sebagai panitia dalam melancarkan dan menyukseskan pemilihan ketua OSIS tersebut yang diselenggarakan dalam dua hari karena siswa-siswa masuk sekolah secara bergantian (shift). Proses pemilihan ini sendiri telah dimulai sejak pertengahan Oktober 2020 yaitu mulai dari proses rekrutmen, seleksi, dan akhirnya pemilihan. Dari proses seleksi tersebut terjaring tiga orang calon ketua OSIS yaitu Rahmatillah (Kelas XI IPA D), T. Fadhal Alfarizi (XI IPA D), dan Jamalul (Kelas X IPA G).

Dari tiga calon, T. Fadhal Alfarizi ditetapkan sebagai Ketua Umum dengan jumlah raihan 561 suara, disusul oleh Jamalul sebagai Ketua I dengan jumlah raihan 218 suara, dan Rahmatillah sebagai Ketua II dengan raihan 95 suara.

Rizal Fuadi, S.Pd.I., Pembina OSIS SMAN 1 Bireuen kepada media ini mengatakan bahwa, “Para panitia telah menunjukkan kreativitasnya dengan sangat baik di saat pandemi ini di mana ada banyak batasan yang secara umum telah mengurangi kebebasan beraktivitas. Namun, mereka mampu melaksanakan proses pemilihan Ketua OSIS tersebut secara baik, tertib, cepat, dan dengan memenuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Semoga langkah awal yang baik ini dapat melahirkan kreativitas-kreativitas lainnya yang penuh manfaat kepada seluruh siswa SMAN 1 Bireuen meskipun sedang dalam masa pandemi

Teuku Aufa Abthal, Ketua OSIS SMAN 1 Bireuen Periode 2019/2020 memberikan komentarnya, “Pemilihan secara online ini sangat memberikan kemudahan bagi panitia karena sangat hemat biaya dan waktu. Tidak membutuhkan penggandaan kertas suara dan tidak perlu melakukan proses perhitungan suara karena sudah terakumulasi secara langsung dan valid. Proses pemilihannya sendiri di kelas tidak lebih dari 5 menit. Jadi, sangat hemat dan ringkas.” (Teuku Muhammad)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait