beritalima.com

Ma’had Al-Birr Unismuh Makassar Kembali Jalin Kerjasama Pemkab Enrekang Sediakan Tenaga Ahli Keagamaan

  • Whatsapp

ENREKANG. Ma’had Al-Birr Unismuh kembali menjalin kerjasama dengan  Pemkab Enrekang untuk menyediakan  tenaga ahli keagamaan untuk angkatan kedua.
Naskah kerjasama kedua lembaga itu ditandatangani pada Ahad, (11/10/2020) di Maiwa  area perkebunan Bupati Enrekang Muslimin Bando.
Bupati Enrekang, Muslimin Bando kesempatan itu mengucapkan selamat datang kepada tenaga ahli agama yang baru dan terima kasih kepada yang sudah selesai masa kerja.


Tenaga Ahli Keagamaan ini selama di lokasi jadi imam yang baik, khatib,  pembina majelis taklim, guru mengaji TK/TPA, remaja sampai lansia.
Selain itu sebagai muballigh di tengah masyarakat, tidak hanya di lokasinya. Harus lebih banyak bergaul dengan warga jadi  motivator, jangan jadi orang yang bertapa.
Selesai masa tugas tenaga ahli keagamaan ini harus lanjutkan kuliah ke jenjang S2 agar penerimaan masyarakat semakin lebih  baik.
Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) Unismuh Makassar, Drs.H.Mawardi Pewangi, M.Pd.I kesempatan itu menekankan kepada peserta tenaga ahli keagamaan agar berkomunikasi dengan baik dengan masyarakat, pelajari budaya dengan  baik.


Diminta juga belajar metodologi dakwah dengan baik, metode lebih penting dari isi dakwah.
Kembangkan tema dakwah, tidak  hanya fokus pada persoalan hukum (fiqhi oriented) tapi bagaimana cara untuk  melaksanakan sebuah ibadah.
Mendidik masyarakat agar lebih  produktif dan kreatif. Jaga diri, jangan  terlalu banyak mencampuri urusan yg belum diketahui, utamakan tabayyun.


Kakankemenag Enrekang, H. Kamaruddin, pada sambutannya menegaskan tanggung jawab setiap peserta adalah mewujudkan Enrekang Maju Aman dan Sejahtera (EMAS), dengan target penempatan pada  627 masjid se Kab Enrekang secara bertahap. 
Turut hadir pada acara ini, Dekan FAI Unismuh (Drs. H Mawardi Pewangi, M.Pd.I), Direktur Ma’had Al-Birr (KH. Lukman Abd Samad, Lc), Kaprodi Hukum Keluarga Unismuh (Dr. M. Ilham Muchtar, Lc., MA) 
Bupati Enrekang (H. Muslimin Bando), Kakankemenag Enrekang (H. Kamaruddin), Kabag Kesra Enrekang, Koordinator TAK Enrekang (H. Syawaluddin), Para camat dan kepala KUA se Kab Enrekang.
Jumlah tenaga ahli keagamaan angkatan ke 2, sebanyak 52 org, saat ini jumlah tenaga ahli keagamaan mencapai 143 orang, 85 orang  dari Alumni Prodi Hukum Keluarga & KPI Unismuh, sisanya adalah dai lokal. SK tenaga ahli keagamaan ini berlaku selama setahun dengan  opsi perpanjangan.(Ilham/Yahya).

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait