Mahasiswa FTMM Sabet Predikat Best Paper dalam Seminar Sains Data Nasional

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com|
Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (FTMM) Universitas Airlangga (UNAIR) berhasil mengantarkan mahasiswa terbaiknya dalam Seminar Nasional Sains Data (SENADA) pada Senin, (5/6/2023).

Mahasiswa itu ialah Ilham Ahmad Kamil, Anisyaul Fitria, Riri Dwi setyawati J., Elfira Rahma Putri, dan Mutiara Afifah. Tak tanggung-tanggung, kelimanya berhasil menyabet predikat best paper pada ajang yang digagas oleh UPN Veteran Jawa Timur itu.

Ilham mengatakan bahwa dalam seminar itu, ia dan tim harus melalui berbagai tahapan seleksi, seperti pengumpulan artikel penelitian, review artikel, hingga presentasi hasil penelitian.

Ilham dan tim menyajikan garapan penelitian yang bertajuk Perspektif Opini Pelanggan pada Aplikasi MyPertamina Menggunakan Metode Latent Dirichlet Allocation (LDA). LDA merupakan suatu model probabilistik yang mampu memperkirakan probabilitas munculnya sebuah topik di dalam dokumen berdasarkan document term matrix.

“Kami menggunakan LDA karena topic modelling ini mampu memproses data berukuran besar secara efisien karena menggunakan pemrograman Bayesian sehingga data yang terolah bisa dalam jumlah besar dan dalam waktu yang wajar,” terang Ilham.

Ungkap Fakta
Penggunaan LDA, berfungsi untuk menganalisis topik-topik yang terbentuk dengan memanfaatkan ulasan pengguna aplikasi MyPertamina berupa rating dan komentar.

Setelah melalui tahapan penelitian dengan LDA, Ilham menemukan fakta bahwa mayoritas masyarakat memiliki opini positif terhadap penggunaan apllikasi MyPertamina. Adapun opini dan perspektif negatif hanya pada sebagian kecil pengguna aplikasi milik Pertamina itu.

Tak hanya mengungkap fakta hasil penelitian, lima mahasiswa itu juga menyampaikan beberapa saran dan kebijakan terhadap pihak terkait. Menurut mereka, MyPertamina sebagai sebuah aplikasi besutan BUMN harus terus meningkatkan performanya serta lebih memudahkan penggunanya dalam mengoperasikan aplikasi.

“Dari penelitian ini, kami juga memberikan saran pada pihak terkait untuk terus meningkatkan performa aplikasi, seperti membuat pendaftaran yang lebih fleksibel dan mudah, serta menambahkan opsi pembayaran melalui e-Wallet (dompet digital) yang lebih beragam,” tutur Ilham.

Mengikuti seminar nasional merupakan pengalaman berharga bagi Ilham dan tim. Berkat gelaran itu, mereka dapat memperoleh pengalaman melakukan penelitian, berjejaring dengan peserta nasional, serta mengetahui perkembangan penelitian sains data secara lebih luas.

Ke depan, ia berharap hasil penelitiannya dapat terpublikasi pada jurnal ilmiah. Mengingat, publikasi merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi setiap mahasiswa. Selain itu, ia juga berharap, hasil penelitian tersebut dapat membantu memberikan saran bagi pengembangan aplikasi MyPertamina.

“Kami berharap semoga paper kami dapat terpublikasi secepatnya dan dapat membantu memberikan saran untuk perkembangan aplikasi MyPertamina ke depan,” pungkasnya. (Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait