Mahasiswa Untag Surabaya Melaksanakan KKN Secara Mandiri Mengenai Edukasi Pada Masyarakat “New Normal”

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (UNTAG) di tahun ini diselenggarakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mandiri yang dilaksanakan di daerah Domisili masing-masing mahasiswa. Dalam rangka pelaksanaan KKN ini mahasiswa tidak lupa menaati protocol kesehatan agar terhindar dari Covid-19

Seperti kita ketahui bahwa Covid adalah penyakit menulkar yang disebabkan oleh jenis Virus Corona yang baru ditemukan. Virus ini adalah virus baru dan penyakit menular yang tidak dikenal sebelum terjadinya wabah di Wuhan, Cina, pada bulan Desember 2019.

Dalam rangka memutuskan rantai pencegahan penyebaran covid-19, salah satu salah satu mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Akuntansi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang bernama Yohana Maria Vianei Ina Laga melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mandiri di RT 02/RW 02, Jl Pumpungan IV Kecamatan Sukolio kelurahan Menur Pumpungan Kabupaten Surabaya, dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) atas nama Drs. Achmad Maqsudi., M.Si., Ak., CA. Kegiatan KKN ini dilakukan sejak tanggal 09 s/d 21 Desember 2020 secara mandiri di daerah domisilinya dengan judul “Edukasi Pembuatan Masker dan Protokol Pentingnya Kesehatan Era New Normal Serta Penghijauan Lingkungan Di Kelurahan Menur Pumpungan. Jl Pumpungan IV RT 02 RW 02 Kecamatan Sukolilo Kabupaten Surabaya.

Pada kegiatan KKn mandiri ini bertujuan untuk membantu pemerintah di New Normal dalam rangka memerangi wabah Covid-19. Dimasa pandemic saat ini di setiap lingkungan masyarakat harus melakukan 3M (Menjaga Jarak, Memakai Masker dan Mencuci tangan). Manfaat dari kegiatan KKN tentang Edukasi Masyarakat Pada New Normal dengan Edukasi pembuatan Masker, Pembagian masker dan Handsanitizer serta pembagian sembako bagi warga yang kehilangan pekerjaan terkhusus warga yang berusia lanjut (Lansia) di Jl Pumpungan RT 02/RW 02 Kecamatan Sukolilo Kabupaten Surabaya, serta mengisi kembali air ditempat cuci tangan yang sudah kosong, memasang Stiker untuk memperingati warga mencuci tangan yang baik dan benar dan melaksanakan pembersihan dan penghijauan lingkungan dengan Untuk meminimalisir penyebab Covid-19. Kegiatan ini diselenggarakan setelah disetujui oleh Ketua RT atas nama Bapak Waluyo.

Acara di awali dengan pembuatan masker kemudian pembagian masker dan handsanitizer langsung ke warga setempat serta di tempat umum seperti pasar, masyarakat pun juga merespon dengan baik kepada saya dengan adanya pembagian masker dan Handsanitizer dan tidak lupa juga mengingatkan agar mematuhi protocol dari pemerintah kita untuk selalu memakai masker pada saat kita ingin keluar rumah dari rumah kita masing-masing supaya agar memutuskan mata rantai Covid-19 di Indonesia.

Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan pembagian sembako kepada wargar yang kehilangan akan pekerjaan yang sampe saat ini belum bisa bekerja yang terkhusus warga yang berusia sudah lanjut atau Lansia yang sudah janda atau hidup sebatang kara, dan juga pengisian air dan sabun cuci tangan yang sudah kosong serta pemasangan stiker supaya bisa memperingati para warga sekitar bahwa begitu pentingnya untuk kesehatan dalam mencuci tangan sehinggah bisa menghindar dari Virus Covid-19. Dan kegiatan KKN yang terakhir saya mengadakan penghijauan dan pembersihan lingkuang kepada Ibu RT dan Sie Kebersihan untuk bisa mengingatkan para warga sekitar sehinggah bisa terhindar dari penyakit yang disebabkan lingkungan yang tidak sehat dan bisa bebas dari polusi udara.

Saya selaku mahasiswa berharap agar kegiatan yang saya laksanakan dapat memberi manfaat dan kontribusi kepada masyarakat khususnya di Jl Pumpungan IV RT 02/RW 02 Kecamatan Sukolilo Kabupaten Surabaya, Dalam menangani pencegahan Covid-19. Dan saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Waluyo selaku sebagai ketua RT yang telah menyetujui dan mempercayai saya dalam melakukan kegiatan KKN mandiri dengan lancar. (hasan)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait