Makam Tgk Abdurrahman Mesir, Akan Dipugar Warga

  • Whatsapp

BIREUEN,ACEH, Beritalima.com. Makam Tgk Abdurrahman Mesir yang terletak di pinggiran lokasi Paya Kareung, Desa Cot Bada Sagoe, Kecamatan Peusangan, Bireuen, yang rencananya akan dipugar dan sekaligus didirikan balai pengajian oleh Masyarakat setempat, Selasa, (24/04/18).

Dalam kesempatan tersebut, Ratusan masyarakat Gampong Desa Cot Bada Sagoe dan warga Desa kawasan itu, hadir Takziah dan berdoa serta Syukran Sekaligus ditepung tawar (Dipeusijuk) oleh Tgk H. Jalaluddin H. Mukhtar Abas yang merupakan Pimpinan Dayah Tanwirul Qulub Al-aziziyah Desa Cot Girek, Peusangan, Kabupaten Bireuen.

“Makam ini sebelumnya di sebelah barat pinggiran Paya Kareung, beberapa tahun yang lalu warga disini memindahkan makam tersebut kesebelah Timur dan ini akan Kita pugar bersama warga sekaligus Kita didirikan balai pengajian disini,” Katanya.

Dikawasan itu terdapat tiga makam Orang Syahit Dalam perang saat melawan Belanda. selain makam Tgk Abdurrahman Mesir di Paya Kareung , ada makam Tgk Basa di lokasi Menasah Cot Girek, dan makam Habib yang bertempat dipemakaman umum Gampong Cot Girek Peusangan.

“Kita tau tentang sejarah ini, karena pernah di ceritakan oleh nenek kita. Dan menurut warga katakan saat pemindahan makam Tgk Abdurrahman Mesir ketempat yang sekarang tubuhnya masih utuh. Di lokasi ini nantinya setelah siap balai pengajian kita dirikan, akan kita laksanakan Pengajian secara rutin Tauhid, Tasauf dan Fiqih,”Jelas Tgk H. Jalaluddin.

Dirinya juga mengharapkan kepada Pemerintah, agar memperhatikan Makam tersebut,supaya nilai sejarahnya tidak akan hilang. Dengan begitu maka generasi selanjutnya akan mengetahui tentang makam Tgk Abdurrahman Mesir ini. “Kita berharap kepada pemerintah, baik Kabupaten maupun provinsi agar diperhatikan dan dipugar secara rapi,” Pungkas Alumni Dayah Mudi Mesra Samalanga itu. [Fauzan]

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *