Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil Dan Janin Yang Belum Banyak Diketahui

  • Whatsapp

beritalima.com | Pada saat masa kehamilan, ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi yang dapat mendukung kesehatan baik bagi ibu hamil dan janin di dalam kandungan. Salah satunya yang direkomendasikan adalah kacang hijau, yang mana makanan ini memiliki manfaat yang baik untuk ibu hamil. Hal ini karena kacang hijau memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak seperti folat, zat besi, dan thiamin. Semua kandungan ini merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan wanita ketika menjalani masa kehamilan. Dan masih banyak ibu yang belum mengetahui jika ada banyak manfaat kacang hijau untuk ibu hamil dan janin di dalam kandungan. Apa sajakah itu? Berikut ini penjelasannya.

  1. Mengurangi Resiko Permasalahan Kehamilan

Salah satu manfaat utama dari kacang hijau untuk ibu hamil adalah untuk mengurangi resiko munculnya berbagai masalah pada saat kehamilan. kandungan folat di dalam kacang hijau sangat tinggi, sehingga ketika ibu hamil rajin mengkonsumsinya maka akan membantu memberikan perlindungan kepada bayi dari resiko kelahiran premature, cacat tabung syaraf (TND), berat badan yang rendah ketika lahir, hingga kelainan yang bisa terjadi pada otak serta sumsum tulang belakang bayi.

 

  1. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Mengkonsumsi kacang hijau akan sangat membantu untuk menjaga kesehatan ibu selama masa kehamilan. seperti yang dijelaskan sebelumnya, ada banyak kandungan terbaik yang tersimpan di dalam kacang hijau. Termasuk vitamin C yang menjadi sumber antioksidan yang baik untuk mencegah resiko akibat radikal bebas yang ada di sekitar. Seperti yang diketahui jika reaksi terhadap radikal bebas bisa menghasilkan produk samping yang mana dapat berubah menjadi zat karsinogenik. Antioksidan yang ada di dalam kacang hijau akan sangat membantu menjaga kesehatan tubuh selama masa kehamilan agar tak mudah terkena penyakit.

 

  1. Mempertahankan Tulang Yang Kuat

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil juga dapat membantu agar tulang ibu tetap kuat selama masa kehamilan. seperti yang anda ketahui sendiri, ada banyak perubahan yang terjadi pada tubuh ibu hamil. Untuk itulah dibutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian ibu hamil. Kacang hijau mengandung vitamin K, yang mana berperan sangat penting untuk pembekuand arah serta menyembuhkan luka. Vitamin ini juga akan membantu mempertahankan tulang agar tetap kuat baik pada ibu maupun janin di dalam kandungan.

 

  1. Menjaga Kesehatan Otak Janin

Kandungan asam folat yang ada di kacang hijau juga berperan penting untuk memproduksi sel darah merah serta membantu perkembangan tabung saraf janin menjadi otak serta sumsum tulang belakang. Dengan mengkonsumsi 400 mg asam folat sebelum dan selama masa kehamilan setiap harinya akan sangat membantu agar bayi terhindar dari resiko kelainan otak serta sumsum tulang belakang.

 

  1. Mencegah Infeksi

Kacang hijau juga sangat membantu untuk mencegah terjadinya infeksi pada ibu hamil. Pada saat masa kehamilan, tak jarang membuat sistem imun ibu melemah dan menyebabkan berbagai macam infeksi dapat menyerang tubuh. Kandungan Tiamin dan Niacin di dalam kacang hijau akan sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu sehingga meminimalisir resiko munculnya infeksi pada tubuh ibu hamil.

 

  1. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Tak jarang seringkali ibu hamil mengalami gangguan pada sistem pencernaan, dan tentu saja ini akan sangat tidak nyaman. Anda bisa mengambil manfaat kacang hijau untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Hal ini karena kandungan serat yang cukup tinggi di dalam kacang hijau yang sangat baik untuk kesehatan. Serat dapat membantu mengatasi berbagai masalah pencernaan, seperti sembelit, diverticulosis, dan haemorrhoids.

 

  1. Mencegah Anemia

Pada saat masa kehamilan, anemia bisa menjadi hal yang sangat berbahaya karena dapat menyebabkan pendarahan ketika proses persalinan nantinya bahkan dapat menyebabkan resiko keguguran. Untuk itu penting bagi ibu hamil agar memenuhi kebutuhan zat besinya setiap hari agar mencegah terjadinya anemia. Anda bisa mengkonsumsi kacang hijau secara rutin untuk membantu mengatasi dan mencegah munculnya anemia. Hal ini karena kandungan zat besi di dalam kacang hijau yang cukup tinggi yang dapat membantu pembentukan hemoglobin darah.

 

  1. Mengatasi Morning Sickness

Mengalami morning sickness tentunya hal yang biasa dialami oleh ibu hamil. Namun jika tidak diatasi, ini akan sangat mengganggu kegiatan sehari hari dan membuat nyaman. Untuk mengurangi gejala morning sickness, anda bisa memanfaatkan kacang hijau. Kacang hijau mengandung vitamin B1 dan B2 yang mana sangat membantu mengurangi gejala muntah-muntah yang umum dialami ibu ketika awal kehamilan.

 

  1. Sumber Energi

Kandungan penting lainnya yang ada dalam kacang hijau adalah karbohidrat, yang mana menjadi sumber energi yang sangat baik bagi ibu hamil. Pada saat kehamilan, tak jarang wanita mudah mengalami kelelahan. Dengan mengkonsumsi kacang hijau, energi dalam tubuh ibu hamil bisa tetap terjaga dengan baik. Bahkan tak hanya ibu hamil saja, mengkonsumsi kacang hijau juga sangat baik bagi ibu yang sedang menyusui sebagai sumber energi.

Bagaimana? Banyak bukan manfaat kacang hijau untuk ibu hamil. Untuk itulah sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi kacang hijau secara rutin selama masa kehamilan.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *