Manfaat Kehadiran Pelaku Investasi PT BSI Dirasakan Masyarakat Sekitar

  • Whatsapp

BANYUWANGI, beritalima.com – masyarakat di Desa Kandangan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur. Desa didaerah pinggiran Bumi Blambangan, bagian selatan ini kini sedang melakukan program pavingisasi dan pembangunan jembatan Poncomoyo sebagai manfaat atas kehadiran pelaku investasi PT BSI.

Kehadiran pelaku investasi PT Bumi Suksesindo (PT BSI), terbukti membawa manfaat untuk masyarakat sekitar. Bukan hanya program penberdayaan, geliat pembangunan pun terus berjalan.

Bacaan Lainnya

Dan istimewanya, kedua program pembangunan tersebut tidak dibiayai dari anggaran desa. Namun dijalankan dengan anggaran program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) atau yang biasa disebut Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT BSI.

Untuk pembangunan jembatan Poncomoyo, dianggarkan sebesar Rp375.000.000. Sedang program pavingisasi, sebesar Rp52.500.000. Kedua proyek infrastuktur tersebut berada di Dusun Krajan, Desa Kandangan.

“Sampai hari ini, keduanya masih progres atau masih dalam tahap pengerjaan,” ucap Kepala Desa (Kades) Kandangan, Riyono, SH, kamis (13/4/2023).

Pembangunan jembatan Poncomoyo, lanjutnya, diharapkan bisa mendorong tumbuh kembang perekonomian masyarakat. Selain menjadi penghubung aktivitas masyarakat. Keberadaan jembatan Poncomoyo juga mempermudah akses menuju destinasi wisata Pantai Poncomoyo.

“Semoga anggaran program PPM PT BSI bisa mendorong percepatan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat didesa kami,” ungkap Riyono.

Seperti diketahui, pada Senin, 19 Desember 2022, PT BSI bersama 5 Desa di Kecamatan Pesanggaran, telah melakukan penanda tanganan kesepakatan kerja bersama. Komitmen hubungan saling menguntungkan antara pelaku investasi dengan masyarakat sekitar ini digelar di Blambangan Ballroom Kokoon Hotel Banyuwangi.

Salah satu poin penting dari kerjasama adalah perusahaan akan memberikan anggaran pogram PPM, sebesar Rp500.000.000, per desa diwilayah Kecamatan Pesanggaran. Bukan hanya itu, pelaku investasi tambang emas tersebut juga akan menelurkan program pemberdayaan perekonomian masyarakat.

Wilayah Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur, memang merupakan lokasi investasi PT BSI, selaku pemegang izin Usaha Pertambangan Operasi Prodüksi (IUP OP) Emas dan Mineral Pengikutnya, Nomor 188/547/KEP/429.011/2012.

Wilayah Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, meliputi Desa Kandangan, Sarongan, Sumberagung, Sumbermulyo dan Pesanggaran.

Anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk tersebut telah dinyatakan sebagai Obyek Vital Nasional (Obvitnas) sesuai Kepmen ESDM Nomor 159.K/90/MEM/2020. Perusahaan Penanaman Modal Dalam Negeri atau PMDN ini operasi prodüksi di Deşa Sumberagung, Kecamatan pesanggaran, Banyuwangi.

Sebagai pelaku investasi, PT BSI memang terus meneguhkan komitmennya kepada masyarakat. Program PPM terus digelontorkan dengan 8 program utama.

Program PT BSI itu meliputi program bidang pendidikan, kesehatan, tingkat pendapatan riil atau pekerjaan, kemandirian ekonomi, sosial budaya, lingkungan, pembentukan lembaga komunitas dan infrastruktur. (bi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait