Mantapkan Skenario Latihan, Peserta Latkamla Tahun 2020 Gelar TFG

  • Whatsapp

beritalima.com | Sejak dibuka pada tanggal 3 Maret 2020 lalu, kini para peserta Latihan Keamanan Laut (Latkamla) TA 2020 di jajaran Koarmada II telah memasuki tahap pelaksanaan Tactical Floor Game, sebuah istilah untuk simulasi yang dilakukan sebagai gambaran dari cara bertindak yang telah disusun.

TFG digelar di Pusat Latihan Kapal Perang, (Puslatkaprang) Kolat Koarmada II, pada Senin (9/3) dengan melibatkan seluruh unsur Satgas Kamla. Sebelum diwujudkan dalam TFG, para peserta yangterbagi kedalam tiga unsur kamla yakni Unit Tempur Laut, Unit Tempur Udara dan Pangkalan ini lebih dulu menyusun rencana bertindak atau cara bertindak (CB). Cara bertindak diperlukan untuk menyusun Keputusan dan Konsep Umum Operasi atau KUO.

“ Diharapkan dengan dilaksanakannya TFG ini maka para unsur Satgas Latkamla paham akan tugas masing-masing. Sehingga rencana operasi yang telah disusun dapat terlaksana baik,” ujar Komandan Satuan Kapal Bantu Koarmada II Kolonel Laut (P) Budi Santoso mewakili Panglima Koarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto selaku Direktur Latihan, saat memimpin pelaksanaan TFG.

Budi lantas menambahkan bahwa sesuai keputusan, Satgas Kamla beserta perkuatannya melaksanakan operasi Kamla dan Gakkumla pada Hari “H” sampai dengan batas ketentuan melaksanakan penindakan perkara pelanggaran di laut di wilayah perairan Koarmada II, yang meliputi operasi intelijen, penangkalan (patroli laut dan patroli udara) dan operasi penindakan (pembayangan, penghalauan dan Jarkaplid) dalam rangka mendukung tugas pokok Koarmada II.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait