Masa Pandemi, Junaidi Auly: Pengawasan Dana Desa Perlu Perhatian Serius

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Anggota Komisi XI DPR RI, Junaidi Auly mengatakan, pengawasan dana desa sangat penting untuk memastikan semua aktivitas terlaksana apa telah sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya.

Karena itu, ungkap wakil rakyat dari Dapil II Provinsi Lampung dalam rangka kunjungan kerja dalam mengisi reses kali ini ke Tulang Bawang akhir pekan ini, penting peranan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pengawasan keuangan negara atau daerah.

“Sebab itu, BPKP diharapkan reponsif dalam mengawal pemerintah desa agar dapat melaksanakan siklus pengelolaan keuangan desa secara akuntabel, apalagi masa pandemi ini ruang-ruang pertanggungjawaban dana desa penting untuk diawasi,” ujar Junaidi dalam Agenda Workshop Monitoring dan Evaluasi Penyaluran dan Penggunaan Dana Desa di Kabupaten Tulang Bawang Barat bersama BPKP Provinsi Lampung.

Junaidi mengharapkan penyaluran dana desa kepada masyarakat dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) memperhatikan tertib administrasi dan ketepatan sasaran. Idealnya penerima BLT Desa adalah keluarga miskin atau tidak mampu yang memang belum mendapatkan program bantuan dari Pemerintah Pusat dan/atau Pemerintah Daerah sebelumnya. “Untuk itu peran pengawasan penting namun tidak bisa berjalan parsial, harus bersama-sama, saling mengisi dan mendukung,” kata Junaidi Auly. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait