Melalui BUMDES Kades di Situbondo, Sulap Lahan Perbukitan menjadi Obyek Wisata

  • Whatsapp

SITUBONDO,Beritalima.com – Mengelola Dana Desa miliar rupiah setiap bagi setiap desa yang dikucurkan Pemerintah pusat tentunya tidaklah mudah, selain dituntut agar tidak melanggar ketentuan setiap peruntukannya, Desa juga dituntut untuk mengmbangkannya demi kesejahteraan masayarakat desa.

Menyambut nawa cita pemerintah pusat dalam mengembangkan ekonomi kerakyatan, dengan memanfaatkan perbukitan desa, kepala desa Curah cottok Samsuri melalui Badan Usaha millik Desa (BUMDes) mengembangkan destinasi wisata Cottok Innovation Park (CIP) menggunakan dana dari alokasi dana desa dan dana desa (ADD/DD)

“Pemerintahan desa Curah Cottok mencoba memaksimalkan potensi potensi yang ada di desa, salah satunya dengan membangun dan mengembangkan wisata alam CIP ini dengan menggunakan dana dari ADD/DD,”Terang Samsuri

Ditempat tersebut juga dikembangkan teknologi pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) kerjasama pihak desa dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) serta direncanakan pembangungan Water Boom dengan tiket masuk sangat terjangkau.

“Semua keperluan yang membutuhkan tenaga listrik di wisata CIP semua berasal dari tenaga surya yang kami kembangkan, Cottok Inovation Park ini kita persiapkan menjadi wisata yang juga berbasis pendidikan bagi kalangan pelajar,, wisata yang kami kembangkan ini juga dalam rangka mendukung program Bupati Situbondo, yaitu Tahun Kunjungan Wisata Situbondo 2019,”Pungkasnya.

Mursid Salah seorang pengelola mengatakan fasilitas saat ini yang tersedia di Cottok Innovation Park masih terbatas, yakni berupa kolam pemandian, Berkendara ATV atau menunggang kuda dengan tarif yang sangat murah.

www.beritalima.com

“Sementara ini cuma ada pamandian, Berkendaran dengan ATV dan naik kuda, sejak dibuka pada januari 2019 dan kami buka hanya pada hari minggu pengunjung yang datang rata – rata setiap hari minggu mencapai 1500 pengunjung,’Kata Mursid.

Untuk berlibur terutama bersama keluarga Cottok Innovation Park tentu menjadi pilihan sangat cocok, pengunjung hanya di kenakan tarif parkir sebesar Rp 2.000, Kolam pemandian Rp 2.000/orang, Naik ATV Rp 10.000 berkendara dengan kuda Rp 10.000.

Dengan tarif terjangkau tak heran jika Wisata alama CIP selalu diserbu pengunjubg setiap hari minggu, tercatat sejak di buka pada awal tahun, hingga saat ini atau selama dua bulan, tercatat sekitar 12.000 berkunjung ke Tempat wisata milik Bumdes tersebut. (Joe)

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *