Melalui Upacara Bendera, Satgas Yonif 411 Kostrad Ajak Pelajar Perbatasan Cinta NKRI

  • Whatsapp

Merauke, Dalam rangka menanamkan jiwa nasionalisme kepada para pelajar di ujung Timur Indonesia tepatnya di perbatasan RI-PNG, personel Satgas Pamtas Yonif MR 411/Pdw Kostrad menjadi penyelenggara Upacara Bendera hari Senin di SMP Negeri 5 Muting, Distrik Eligobel, Kab. Merauke, Papua, Senin (24/2/2020).

Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., mengungkapkan bahwa salah satu wujud membangun dan menumbuhkan rasa nasionalisme pada diri pelajar di perbatasan, Satgas Yonif MR 411/Pdw Kostrad dalam hal ini Pos Kotis dipimpin oleh Letda Inf Rizal Dwi Kuncoro dan 7 personel lainnya, menjadi penyelenggara Upacara Bendera hari Senin di SMPN 5 Muting, Distrik Eligobel.

“Apa yang dilaksanakan oleh Pos Kotis tersebut merupakan hasil kerja sama dengan pihak sekolah, dimana dalam pelaksanaan upacara hari Senin tersebut bertindak sebagai Pembina dan Pemimpin Upacara adalah personel Satgas Yonif MR 411/Pdw Kostrad dari Pos Kotis,” ujarnya.

Dansatgas mengatakan bahwa kegiatan Upacara Bendera hari Senin yang dilaksanakan Pos Kotis ini, selain bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap NKRI, memberikan motivasi para pelajar untuk semangat dalam menuntut ilmu dan meraih cita-citanya.

Sementara dalam upacara bendera, Letda Inf Rizal Dwi Kuncoro mengajak pelajar yang ada di perbatasan RI-PNG untuk menjadikan upacara Bendera Merah Putih yang dilaksanakan setiap hari Senin adalah sebagai momentum dalam menumbuhkan jiwa patriotisme dan cinta NKRI.

“Melalui upacara bendera ini Satgas Pamtas Yonif MR 411/Pdw Kostrad juga ingin menyampaikan pesan kepada siswa-siswi SMP Negeri 5 Muting sebagai generasi penerus bangsa di masa depan, untuk semangat dalam belajar, patuh kepada orang tua dan guru, rajin sekolah serta menjauhi hal-hal yang negatif,” katanya.

Usai upacara, Kepala SMP Negeri 5 Muting, Bapak Muhammad Huzain menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada personel Satgas Yonif MR 411/Pdw Kostrad atas waktu dan ketersediaanya menjadi penyelenggara upacara.

“Terima kasih banyak kepada Bapak-bapak TNI dari Pos Kotis yang telah menjadi penyelenggara Upacara Bendera hari Senin di sekolah kami, upacara yang berlangsung dengan sangat khidmat ini mudah-mudahan akan menumbuhkan rasa nasionalisme bagi para siswa-siswi,” ucapnya.

beritalima.com

Pos terkait