Melon Box: Inovasi Telkom Bagi Kebangkitan Musik Indonesia

  • Whatsapp

Jakarta, 20 Mei 2016 – Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2016, PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom)   bersama dengan “C Generation Indonesia” memperkenalkan Melon Box, sebuah inovasi layanan streaming musik digital yang khusus menyasar segmen bisnis enterprise dan UKM.

Direktur Innovation and Strategic Portfolio Telkom Indra Utoyo mengatakan, Melon Box diharapkan dapat mendorong kebangkitan industri musik tanah air. “Melon Box merupakan layanan streaming Musik Digital yang menyasar ke segmen bisnis enterprise dan UKM yang dapat menyajikan lagu-lagu kompilasi pilihan yang dapat diputar kapan saja, dimana saja sesuai dengan genre dan jenis lagu yang disesuaikan dengan suasana lokasinya,” ujar Indra Utoyo pada peluncuran Melon Box di Institut Teknologi Bandung (ITB), Jumat (20/5).

Indra Utoyo menjelaskan, dengan Melon box playlist banyak musik pilihan  dapat juga disimpan secara offline dalam sebuah tablet dan dapat diputar di taman, restoran, mall ataupun tempat umum lainnya. Ia mengharapkan agar berbagai inovasi Telkom di bidang digital musik ini akan mampu memberikan experience baru dalam menikmati musik dan berinteraksi di kalangan generasi muda serta mampu mendorong generasi muda untuk dapat berkreasi dan menyalurkan aspirasi musiknya secara digital melalui Telkom. 

Disisi lain “C Generation Indonesia” melalui kegiatan Super You, telah menjaring 15 anak muda berbakat usia 12-22 melalui audisi di Bandung sebagai  pilot project. Ke 15 anak muda tersebut dilatih dan dibina dan kini telah menghasilkan sebuah album musik yang mereka namakan “Yuk, Ah Bandung”. Album  yang berisi 9 lagu tersebut memiliki semangat kekinian dengan pesan nyata untuk menjadi insan yang bermanfaat bagi dirinya, kotanya dan bangsanya.

C Generation merupakan sebuah inovasi sosial dari Gerakan Pemuda Berkarya yang digagas sejak 28 Oktober 2013. Inovasi ini lahir dari sebuah gagasan untuk meningkatkan kualitas anak muda, perubahan karakter melalui cara-cara yang kreatif dan inovatif.

“Kolaborasi Telkom dengan  C Generation Indonesia merupakan langkah awal bagi kebangkitan industri musik Indonesia dan Telkom berharap dukungan dari berbagai pihak termasuk media yang peduli akan musik tanah air. Jayalah Indonesia, Jayalah Musik Digital Indonesia,” tegas Indra.

Pada saat peluncuran perdana ini Melon Box memutar lagu-lagu pada album “Yuk, Ah Bandung” dan beberapa lagu lainnya yang sedang hits di kalangan generasi muda. Kedua kolaborasi inovasi ini sejalan dengan tema Hari Kebangkitan Nasional 2016, yakni Mengukir Makna Kebangkitan Nasonal dengan Mewujudkan Indonesia yang Bekerja Nyata dan Berkarakter.

C Generation diharapkan dapat menjadi generasi yang positif dan berkarakter dan kelak berkontribusi menciptakan Smart Generation yang cergas, cerdas dan gegas, cepat dan efektif dalam pengambilan keputusan tutur Prof Suhono H Supangkat, Guru Besar ITB yang juga Pembina Program C Generation.

Visi C Generation  menjadi sebuah komunitas yang mempersiapkan generasi unggul Indonesia yang berkarakter dan kreatif demi membangun masyarakat yang unggul melalui pemanfaatan teknologi dan komunikasi. Kesamaan visi inilah yang mendorong Telkom untuk mendukung komunitas ini agar semakin tumbuh dan berkembang melalui inovasi digital musik.

Melon Box dan berbagai inovasi lain sedang digodok Telkom dengan melibatkan berbagai pelaku industri musik,  seperti pemerintah melalui BEKRAF, musisi, label, media dan juga penikmat musik sehingga diharapkan dapat tercipta ekonomi kreatif yang berkelanjutan dari industri konten musik digital.

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seven − four =