Mengenal Aplikasi Slip Gaji Online, Regulasi, Fungsi dan Manfaatnya

  • Whatsapp

Aplikasi slip gaji online memudahkan anda untuk membuat slip gaji karyawan. Slip gaji karyawan ditulis oleh setiap perusahaan sebagai apresiasi terhadap kerja keras karyawan yang sudah bekerja selama 1 bulan. Karyawan berhak menerima gaji sebagaimana yang dijanjikan oleh perusahaan saat awal masuk kerja. Contoh slip gaji karyawan yang bisa diedit adalah data gaji dari laporan yang dibuat.

Terkadang ada saja kekeliruan yang terjadi dalam pembuatan slip gaji, jadi perlu diedit agar slip gaji tidak rancu. Contoh slip gaji ini karyawan yang bisa diedit ini dapat ditulis secara manual maupun diketik. Sebagian perusahaan mengambil jalan pintas dengan mengetik langsung slip gaji dan menyimpannya sebagai konsep yang dapat diedit. Sebagian lagi mengambil tindakan yang lebih praktis, yaitu menggunakan aplikasi slip gaji online.

Pengertian Slip Gaji

Slip gaji adalah tanda bukti pemberian gaji dari perusahaan terhadap seorang karyawan. Banyak jenis slip gaji tergantung dengan isi dari gaji tersebut. Semakin tinggi jabatan seseorang dan semakin banyak intensif yang didapat, maka akan semakin banyak pula isi dari slip gaji tersebut.

Slip gaji karyawan diperlukan oleh kedua belah pihak karena penggunaannya yang penting. Untuk karyawan, slip gaji berguna untuk digunakan sebagai acuan gaji yang akan diterima beserta insentif dan beberapa potongan terkait gaji seperti pajak. Untuk perusahaan, slip gaji berguna sebagai kontrol keuangan perusahaan agar perusahaan dapat mengetahui pengeluaran perusahaan selama 1 bulan-nya.

Regulasi Slip Gaji

Slip gaji adalah salah satu hal mendasar dan wajib diberikan perusahaan kepada karyawan. Peranan slip gaji telah diatur dalam Peraturan Pemerintah No.78 Tahun 2015 tentang Pengupahan.

Dalam peraturan tersebut dijelaskan bahwa pengusaha wajib memberikan bukti pembayaran upah di mana memuat rincian upah yang diterima oleh pekerja atau buruh pada saat upah dibayarkan.

Sedangkan untuk informasi apa saja yang harus dicantumkan pemberi kerja dalam slip gaji telah diatur dalam UU Ketenagakerjaan No.13 Tahun 2003 bahwa hak pekerja atau buruh yang diterima dan dinyatakan dalam bentuk uang sebagai imbalan dari pengusaha atau pemberi kerja kepada pekerja atau buruh yang ditetapkan dan dibayarkan menurut suatu perjanjian kerja, kesepakatan, atau peraturan perundang-undangan, termasuk tunjangan bagi pekerja atau buruh dan keluarganya atas suatu pekerjaan dan/atau jasa yang telah atau akan dilakukan.

Fungsi Slip Gaji

Supaya lebih memahami pentingnya peranan slip gaji, ada dua fungsi utama dari slip gaji baik untuk karyawan maupun perusahaan. Lebih jelasnya, fungsi slip gaji adalah sebagai berikut.

  1. Bukti Pembayaran dan Penghasilan

Seperti penjelasan di awal, fungsi utama slip gaji adalah sebagai bukti pembayaran gaji yang otentik. Nantinya, di slip gaji tersebut akan tercantum tanggal gaji dibayarkan beserta rincian besarannya.

Dengan adanya slip gaji, perusahaan akan terhindarkan dari konflik atau perselisihan jika ada karyawan yang mengaku belum mendapat gaji.

Pemberian slip gaji teratur juga akan meringankan tugas perusahaan ketika karyawan meminta informasi gaji untuk berbagai keperluan, seperti pengajuan kredit. Maka dari itu, selain menjadi bukti pembayaran, slip gaji juga bisa dijadikan sebagai bukti penghasilan bagi karyawan.

  1. Transparansi Gaji

Fungsi selanjutnya dari slip gaji adalah sebagai bentuk transparansi gaji bagi karyawan maupun perusahaan. Hal ini karena di dalamnya memuat berbagai rincian penghasilan karyawan termasuk tambahan atau pengurangan yang dikenakan pada periode tersebut.

Transparansi akan memungkinkan karyawan untuk lebih tahu dan bisa melakukan pengecekan apakah semua rincian itu sudah sesuai atau belum. Dari sisi perusahaan, transparansi slip gaji adalah salah satu upaya guna menjadikan dokumen tersebut bersifat valid namun tetap bisa diakses semua karyawan.

Manfaat Aplikasi Slip Gaji Online

Selain fungsi atau peranan di atas, ternyata terdapat manfaat lain dari pemberian slip gaji. Berbagai manfaat dari slip gaji adalah:

  1. Mengetahui rincian gaji

Manfaat menggunakan aplikasi slip gaji online adalah dapat mengetahui rincian gaji atau penghasilan dalam periode tersebut. Seperti penjelasan tadi, rincian ini juga memuat tambahan atau pengurangan apa saja yang dikenakan, misalnya pajak.

Dengan begitu, kamu bisa melakukan pengecekan ulang dan lebih paham apa saja pajak yang harus dibayarkan. Hal ini tentunya akan membantu mengurangi kesalahan perhitungan gaji juga.

  1. Pengajuan kartu kredit

Terkadang beberapa keinginan membeli barang kebutuhan harus dikesampingkan karena ada kebutuhan lainnya yang lebih mendesak. Sehingga beberapa orang memilih untuk membelinya secara kredit atau mencicil.

Nah, slip gaji adalah salah satu syarat wajib yang harus dilampirkan saat mengajukan kartu kredit. Hal ini ditujukan supaya pihak bank mengetahui kesehatan keuangan kamu dan menentukan berapa besar limit penggunaannya.

  1. Pendukung KPR rumah

Hampir sama dengan pengajuan kartu kredit tadi, slip gaji juga menjadi syarat utama yang harus dipenuhi ketika mengajukan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) ke berbagai bank.

Umumnya, bank menjadikan slip gaji tersebut sebagai penentu besaran suku bunga dan bahan pertimbangan apakah kamu layak mendapat pinjaman KPR. Rata-rata bank akan memberikan persetujuan apabila kamu sudah memiliki pekerjaan tetap selama dua tahun dengan gaji 3x lebih besar dari cicilan per bulannya.

  1. Referensi saat melamar kerja

Beberapa perusahaan mewajibkan para pelamarnya untuk melampirkan slip gaji. Hal ini ditujukan agar mereka bisa mendapat bukti pasti mengenai informasi gaji kamu di pekerjaan sebelumnya dan mempermudah dalam mempertimbangkan kenaikan gaji yang diajukan saat negosiasi.

  1. Mengajukan KTA

Manfaat terakhir dari slip gaji adalah sebagai pemenuhan syarat dokumen dalam mengajukan KTA atau Kredit Tanpa Agunan. Sama seperti pengajuan KPR, slip gaji merupakan syarat wajib yang harus dipenuhi dan berpengaruh pada penilaian serta pertimbangan pihak bank untuk menyetujui permohonan pengajuan KTA tersebut.

Komponen dalam Aplikasi Slip Gaji Online

Berbagai komponen yang dicantumkan dalam slip gaji adalah rincian umum terkait besaran upah pada periode tersebut, diantaranya:

  1. Gaji Pokok

Komponen pertama slip gaji adalah gaji pokok, yaitu besaran gaji dasar yang diterima setiap bulannya. Umumnya, besaran gaji pokok disesuaikan dengan Upah Minimum Regional (UMR), posisi, jenjang karir, dan masa kerjanya.

  1. Tunjangan

Selain gaji pokok, biasanya perusahaan juga menyediakan berbagai tunjangan pendukung seperti transportasi, konsumsi, hingga asuransi kesehatan dan harus dicantumkan pula pada slip gaji.

  1. Bonus

Komponen selanjutnya dari slip gaji adalah bonus, yaitu sebagai bentuk apresiasi perusahaan kepada karyawan yang memiliki kinerja dan performa bagus pada kondisi-kondisi tertentu, misalnya ketika perusahaan dapat mencapai target tahunan.

  1. Upah Lembur

Menurut peraturan Menakertrans (Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi) No. 102/MEN/VI/2004, bagi karyawan yang bekerja lebih dari 7 jam dalam sehari atau 40 jam selama seminggu berhak menerima upah lembur.

Besaran upah lembur tentunya sudah harus diatur oleh perusahaan sesuai dengan lama waktu lembur karyawan tersebut.

  1. Potongan

Komponen terakhir yang harus dicantumkan dalam slip gaji adalah potongan, seperti pajak penghasilan (PPh), asuransi, dan lain-lain. Hal ini dilakukan sebagai bentuk transparansi gaji dari perusahaan.

Format Slip Gaji

Selain berbagai komponen tadi, penting juga untuk kamu memahami seperti apa format slip gaji.

  1. Nama perusahaan

Format slip gaji adalah terdiri dari nama sekaligus logo perusahaan sebagai bukti identitas siapa yang memberikan gaji tersebut.

  1. Data karyawan

Kemudian, data karyawan seperti nama, posisi, nomor induk karyawan hingga NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) karyawan tersebut juga perlu dicantumkan sebagai identitas pihak penerima gaji.

  1. Pernyataan kerahasiaan dokumen

Untuk menjaga kerahasiaan slip gaji yang hanya diketahui oleh karyawan dan perusahaan bersangkutan, perlu dituliskan kata “Rahasia” atau “Confidential” di dalam slip gaji tersebut.

  1. Komponen gaji

Format berikutnya dari slip gaji adalah komponen gaji yang mencakup berbagai rincian gaji, tambahan, dan potongannya.

  1. Detail pembayaran gaji

Hal terakhir yang harus dicantumkan dalam slip gaji adalah detail pembayarannya, seperti tanggal pembayaran gaji, dibayarkan dalam bentuk apa atau dikirim via apa, sekaligus tanda tangan dari manajer atau pihak bersangkutan.

Cara Membuat Slip Gaji

Setelah mengetahui berbagai format serta komponennya, tentu kamu berpikir bahwa cara membuat slip gaji ini terlihat sangat sederhana, bukan? Sebab memang yang terpenting adalah valid tidaknya informasi di dalamnya.

Jika kamu diminta untuk membuat slip gaji, kamu dapat menggunakan software Microsoft Excel atau Google Spreadsheet. Lalu masukan berbagai format tadi dalam tabel dan tuliskan semua rinciannya dengan teliti. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan berbagai rumus yang memudahkan dalam menghitung pajak atau total akhir gaji.

Talenta by Mekari Rekomendasi Aplikasi Slip Gaji Online Terbaik

Talenta adalah salah satu merk HRIS (human resources information system), yakni software (perangkat lunak) untuk manajemen sumber daya manusia. Software HRIS biasanya bertujuan mengurangi beban kerja administrasi di bidang penggajian, perpajakan karyawan, absensi, dan performance appraisal.

Selain itu, aplikasi slip gaji online dilengkapi dengan fitur mobile friendly yang disebut mobile employee-self service yang dapat memudahkan karyawan untuk mengakses Talenta melalui smartphone atau gadget masing-masing. Fitur-fitur yang disediakan aplikasi slip gaji online Talenta juga dilengkapi dengan detail-detail sehingga memudahkan karyawan dalam melakukan pekerjaan. Misalnya, pada fitur aplikasi slip gaji online, komponen seperti bonus, tunjangan, pajak, insentif, dan lain-lain ditambahkan. Dengan demikian perhitungan akan menjadi lebih efisien dan efektif.

Kelebihan Talenta by Mekari:

  1. Fitur yang disajikan sangat berlimpah

Keunggulan dari Talenta By Mekari ini salah satunya adalah fitur yang dibawakan sangat banyak dan berlimpah. Mulai dari pinjaman tunai, halaman recruitment, halaman cuti custom, hingga pengumuman karyawan pun disediakan oleh Talenta By Mekari ini, berikut ini detail fiturnya

  • Fitur payroll, fitur ini membantu perusahaan menghitung dan bisa membayar payroll karyawan secara otomatis setiap bulannya. Proses payroll lebih efektif dan efisien karena tidak harus dilakukan di kantor.
  • Fitur manajemen waktu, maka tim HR perusahaan bisa dengan mudah melakukan otomatisasi proses cuti karyawan dan lemburan yang dilakukan.
  • Fitur absensi mobile, maka seluruh karyawan bisa melakukan absensi dengan mudah kapan dan dimana saja. Dan fitur ini juga memudahkan tim HR dalam melakukan pengawasan pada absensi karyawan sewaktu-waktu.
  • Fitur database karyawan, dapat membantu HR dalam melakukan pengelolaan data dan informasi terkait karyawan. Mulai dari data personal, informasi tunjangan, hingga fasilitas yang berhak diterima karyawan sesuai kontrak kerjanya.
  1. Kostumisasi yang sangat terperinci

Semua hal yang diatur di dalam aplikasi slip gaji online Talenta diatur secara sangat terperinci, di sini bahkan bisa membuat rumus cuti sendiri dan rumus denda sendiri.

  1. Tim Support yang efektif dan responsive

Tidak usah bergelut dengan BOT ketika memberikan keluhan atau komplain, CS dari Talenta akan dengan sigap membantu dalam hitungan menit saja.

Dalam aplikasi Talenta ini juga sering diadakan promo dan diskon yang berakibat pada harga yang bisa lebih murah dari harga normal. Tentu saja hal ini bisa dikatakan angin segar untuk perusahaan yang ingin menggunakan Talenta sebagai aplikasi slip gaji online mereka namun dengan anggaran yang terbatas.

Apalagi untuk kondisi sekarang ini di mana karyawan lebih sering Work From Home, menggunakan aplikasi slip gaji online Talenta tentu akan sangat membantu dalam hal pengkondisian karyawan dengan sistem otomatisnya yang akan sangat membantu perusahaan.

Dengan adanya fitur-fitur ini pada aplikasi slip gaji online Talenta maka tentu saja pengelolaan sumber daya di dalam perusahaan jauh lebih baik dan lebih optimal. Talenta dapat diakses dengan mudah di https://Talenta.com. Tunggu apa lagi? Coba aplikasi slip gaji online Talenta sekarang juga.

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait