Mengenal Komunikasi Bisnis Pada Era Digital

  • Whatsapp

Berbicara mengenai bisnis di Indonesia nih temen-temen, pasti tidak asing lagi kan dengan komunikasi yang terjalin saat melaukan sebuat bisnis agar berjalan sesuai rencana yang kita inginkan. Nah disini yuk mari Bersama-sama kita membahas mengenai komunikasi Bisnis pada Era Digital biar kita juga sama-sama saling belajar mengenai hal ini.

Komunikasi bisnis adalah proses berbagi informasi antara orang di dalam dan di luar bisnis dimana hal ini secara efektif mendorong cara karyawan dan manajemen berinteraksi untuk mencapai tujuan bisnis yang mereka inginkan agar memudahkan satu sama lain dalam meraih suatu bisnis yang mereka inginkan.
Seiring berjalannya waktu ini, bisnis di indonesia tumbuh dengan cepat seiring dengan perkembangan teknologi yang dipengaruhi dengan adanya revolusi industri 4.0. banyak sekali bisnis-bisnis baru bermunculan, entah itu bisnis di bidang kuliner, bisnis dalam bidang jasa, maupun bisnis dalam bidang transportasi dan sebagainya.

Mengetahui faktor penting suatu bisnis dapat berkembang dan berhasil dapat diimbangi dengan adanya manusia yang kreatif dan inovatif. Maka dari itu, komunikasi bisnis menjadi hal yanag paling penting dalam berbisnis apalagi dalam perkembangan teknologi dan zaman yang semakin maju dari tahun ke tahun.
Adapun kegagalan dalam bisnis dikarenakan perusahaan tidak memperhatikan strategi komunikasi yang baik. Maka dari itu komunikasi menjadi hal yang harus diutamakan agar komunikasi satu sama lain dapat terjangkau dan tidak menimbulkan miscommunication, jika pekerja menguasai komunikasi bisnis dengan baik, maka perusahaan dapat berkembang dengan baik.

Proses komunikasi merupakan proses penyampaian pikiran atau pendapat dari komunikator ke komunikan. Adapun diantaranya ada 2 proses komunikasi diantaranya Proses Komunikasi Primer yaitu proses penyampaian pikiran dan atau perasaan seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang atau simbol sebagai media (gestur tubuh,warna, gambar yang memiliki arti tertentu ) dan Proses Komunikasi Sekunder yaitu proses penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain dengan menggunakan alat atau sarana sebagai media kedua (telepon, surat kabar, majalah, radio, televisi, film, internet, dll )

Pada era digital membawa perubahan dalam berkomunikasi tentunya. komunikasi biasa dilakukan secara tatap muka dan melalui perantara seperti televisi, koran, maupun media lainnya. Komunikasi juga dapat dilakukan dengan video call melalui ponsel sehingga memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi. Komunikasi dalam bisnis pun seiring dengan adanya era digital menjadi lebih berkembang dan variatif, pelaku usaha diharapkan dapat memanfaatkan era ini dengan baik untuk memajukan bisnisnya
Komunikasi bisnis yang dapat dilakukan melalui berbagai cara membuat informasi menjadi lebih cepat tersebar dan mudah dimengerti oleh pihak yang lain. Namun, terkadang komunikasi terhalang oleh suatu gangguan sehingga informasi yang disampaikan menjadi tidak efektif. Adanya strategi komunikasi membuat penyampaian suatu pesan atau informasi menjadi lebih jelas dan tidak lagi menimbulkan kesalahpahaman.

Strategi komunikasi adalah tahapan perencanaan dan mengelola manajemen yang meliputi pesan, saluran, dan komunikator yang dilakukan secara sistematis untuk mencapai tujuan tertentu. Adanya strategi komunikasi dapat membuat suatu perusahaan lebih optimal dalam mencapai tujuannya. Strategi komunikasi dalam bisnis dijadikan sebagai pedoman suatu perusahaan dalam berkomunikasi antar rekan bisnis maupun konsumen paa era digital ini.
Penyusunan strategi komunikasi yang baik dapat membuat perusahaan lebih bekerja secara optimal. Strategi komunikasi sangat penting sebagai penunjang suatu perusahaan dalam melakukan aktivitas bisnisnyan sehari-hari. Namun, pekerja terkadang masih belum mengetahui strategi komunikasi bisnis di era digital karena berbagai sebab, antara lain: Kurangnya Komunikasi Efektif ( Komunikasi yang kurang efektif dalam bisnis dapat mengakibatkan kesalahpahaman dalam menyampaikan informasi. Kesalahapahaman tersebut biasanya disebabkan karena komunikan kurang memperhatikan pesan yang disampaikan, komunikator kurang jelas dalam menyampaikan pesan )

Kurangnya Pemanfaatan Teknologi ( dalam hal ini yang kurang membuat pekerja belum memahami strategi komunikasi bisnis di era digital itu dimana teknologi sejatinya membuat komunikasi menjadi lebih mudah dan cepat, sehingga penguasaan teknologi sangat diperlukan agar strategi komunikasi dapat diterapkan dengan baik )
Kurangnya Pemanfaatan Internet ( Internet merupakan sesuatu yang tergolong penting dalam kehidupan manusia, dengan adanya internet masyarakat dapat terhubung dengan mudah serta dapat memperolah informasi secara cepat. Internet juga memudahkan pelaku bisnis dalam menjalankan aktivitasnya, salah satunya dalam mengirim surat yang dulunya harus pergi ke Kantor Pos terlebih dahulu, kini hanya tinggal mengirim email melalui gmail atau yahoo yang pastinya lebih mudah )

Kurangnya Diskusi Antar Pekerja ( Diskusi merupakan salah satu kegiatan untuk memperluas pengetahuan dengan cara menyampaikan berbagai pendapat. Adanya diskusi membuat komunikasi menjadi lebih baik dan juga sebagai jembatan antarpekerja untuk menyampaikan ide mereka masing-masing. Kurangnya diskusi dalam suatu perusahaan dapat membuat informasi menjadi tidak efektif. Pekerja terkadang melakukan diskusi, tetapi bukan diskusi yang bermanfaat sehingga pengetahuan strategi komunikasi bisnis di era digital menjadi kurang optimal.

Ditulis Oleh : Irnanda Milati, Program Studi
Akuntansi Fakultas Ekonomi & Bisnis
Universitas Muhammadiyah Malang

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait