Mengikuti Vaksinasi Ika Unair Sidoarjo Jelajah Kampung dan Pesisir

  • Whatsapp

SIDOARJO, beritalima.com | Program vaksinasi Jelajah Kampung dan Pesisir yang diadakan Ikatan Alumni Universitas Airlangga (Ika Unair) Cabang Sidoarjo, sebagaimana yang diikuti penulis, telah dilakukannya di lima lokasi desa di tiga kecamatan Kabupaten Sidoarjo. Tidak hanya untuk masyarakat umum, tapi juga memprioritaskan pelajar dan lansia.

Vaksinasi pertama dengan target pelajar diadakan di SMP-SMK Islam, Kecamatan Krembung, Sabtu (28/8/2021) lalu. Kegiatan ini sempat dihadiri Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang juga sebagai Ketua Umum Ika Unair. Dia hadir bersama Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Wahid Wahyudi, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali, dan Kepala Dinkes Sidoarjo Syaf Satriawarman.

Wakil Ketua Ika Unair Sidoarjo Abdullah Khizam mengatakan, vaksinasi ini untuk 5.000 peserta yang terbagi untuk 1.250 pelajar SMP dan SMK Islam Krembung, 1.900 warga Kecamatan Krembung, dan sisanya masyarakat umum yang daftar via online.

Di lokasi ini Gubernur Khofifah mengatakan, kegiatan yang digelar Ika Unair Sidoarjo ini merupakan wujud kegotongroyongan bersama yang terus-menerus melakukan vaksinasi secara keliling.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali mengaku senang dan menyampaikan terima pada Ika Unair Sidoarjo. “Saya senang sekali karena vaksin sangat ditunggu-tunggu anak sekolah,” ucapnya.

Setelah di wilayah Kecamatan Krembung, dua pekan kemudian Ika Unair Cabang Sidoarjo menggelar vaksinasi di Kecamatan Taman, tepatnya di Puspa Agro, Desa Jemundo, Sabtu (11/9/2021). Kali ini bekerjasama dengan PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur.

Sebanyak 5.000 dosis vaksin yang disediakan diperuntukan masyarakat umum, pelajar, dan keluarga besar PLN. “Kami ingin membantu pemerintah dalam percepatan vaksinasi nasional. Sasaran Kecamatan Taman menjadi target kami karena wilayah ini cukup padat penduduknya,” kata Abdullah Khizam.

General Manager PLN UID Jawa Timur Adi Priyanto yang mendampingi Khizam mengatakan, ini bagian dari Sapu Bersih Vaksinasi PLN, yang sebelumnya sudah memvaksin 12.390 pegawai dan tenaga alih daya di PLN IUD Jawa Timur.

Program vaksinasi Ika Unair Cabang Sidoarjo berikutnya dilakukan di Desa Sepande, Kecamatan Candi, Sabtu (16/10/2021). Di desa binaannya ini Ika Unair Sidoarjo memvaksin sekitar 1.000 warga dengan vaksin jenis Sinovac dosis 1 dan 2.

“Kami berterima kasih atas kegiatan yang dilakukan para alumni Unair Sidoarjo ini. Kami tidak bisa memberikan apa-apa kecuali rasa terima kasih dan penghargaan yang tinggi pada mereka,” ucap Kades Sepande Hadi Santosa, kala itu.

Vaksinasi Ika Unair Cabang Sidoarjo ketiga yang diikuti penulis kembali dilakukan di Kecamatan Taman, Sabtu (30/10/2021). Kali ini di SMA Negeri 1 Taman, Jalan Sawunggaling, Jemundo. Sasaran utamanya pelajar, mayoritas siswa SMP Negeri 2 Taman dan SMA Negeri 1 Taman.

“Vaksinasi di SMA Negeri 1 Taman ini vaksinasi dosis kedua dengan menggunakan jenis Sinovac. Selain para pelajar, peserta juga berasal dari warga Kecamatan Taman dan sekitarnya,” ungkap Abdullah Khizam.

Sekitar 3.000 peserta hadir dalam vaksinasi ini. Peserta dibagi dalam beberapa kelompok jam kedatangan. Upaya ini untuk menghindari penumpukan di lokasi kegiatan. Protokol kesehatan tetap diberlakukan secara ketat.

Wakil Kepala SMAN 1 Taman Bidang Humas Bambang Triono mengucapkan terima kasih atas kegiatan para alumni Unair ini. Dia mengatakan, dengan vaksinasi ini para siswanya telah tervaksin lengkap, karena sebelumnya telah mengikuti vaksinasi dosis pertama di Puspa Agro.

Terakhir, Jumat (12/11/2021) kemarin, Ika Unair Cabang Sidoarjo kembali ke wilayah Kecamatan Taman, di Desa Sambibulu. Target utama vaksinasi kali ini adalah puluhan lansia yang belum divaksin.

Mendapat info bahwa para lansia di desa ini banyak yang enggan vaksin dengan beragam alasan, memotivasi Ika Unair Cabang Sidoarjo datang dengan metode beda dengan vaksinasi pada umumnya. Kalau biasanya peserta datang ke lokasi vaksin, kali ini peserta didatangi di rumahnya, diberi arahan, terus diantar ke lokasi vaksin di Balai Desa Sambibulu.

Setelah divaksin, peserta lansia diantar kembali ke rumahnya. Namun, ada pula yang langsung divaksin di rumahnya alias door to door.

“Kami melakukannya dengan pendekatan khusus agar lansia mau divaksin. Ini kami lakukan bersama perangkat desa, bidan desa, kader kesehatan, maupun Babinsa,” ungkap Koordinator Lapangan Vaksinasi Ika Unair Sidoarjo Lidya Sari. Dia bersyukur, dengan metode pendekatan khusus, kini para lansia di Desa Sambibulu hampir semuanya tervaksin.

Program vaksinasi Jelajah Kampung dan Pesisir Ika Unair Cabang Sidoarjo belum berakhir. Menurut Rizky Danuarto, Penanggung Jawab dan Humas Program mengatakan, Vaksinasi Ika Unair Cabang Sidoarjo akan dilanjut minggu depan. “Ini merupakan bagian dari pengabdian kami pada masyarakat,” pungkasnya. (Penulis: Mochamad Ganefodin)

Teks Foto: Ika Unair Cabang Sidoarjo saat mengadakan vaksinasi untuk lansia di Desa Sambibulu, Taman, Sidoarjo.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait