Minim Anggaran, Panitia Pilkades Desa Batu Putih Mengeluh

  • Whatsapp

OKUkabupaten(beritalima),- Dalam rangka pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Ogan Komering Ulu, di desa Batu Putih Kecamatan Baturaja Barat, tidak ada tanda-tanda persiapan baik itu sosialisasi dan lain sebagainya, panitia pilkades desa Batu Putih dinilai tidak efektif dalam melaksanakan langkah-langkah untuk mendukung pemilihan kepala desa semestinya panitia memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

Saat sudah mulai tanggal 12 sampai 24 September memasuki tahapan pendataan mata pilih (menyusun dan menetapkan DPS). Sementara desa Batu Putih termasuk desa yang menyelenggarakan pemilihan kepala desa (Pilkades)

Dari pantauan dilapangan desa Batu Putih nampaknya tidak serius dalam mendukung dan mensukseskan Pilkades Serentak yang akan dilaksanakan pada 10 Oktober mendatang, terbukti minimnya sosialisasi kepada masyarakat terkait pemilihan kepala desa.

Menurut salah satu warga desa Batu Putih yang namanya minta dirahasiakan mengatakan bahwa warga tidak pernah diberi tahu tentang adanya pemilihan kepala desa dan siapa panitia pilkades juga tidak mengetahui karena tidak ada sosialisasi.

” Tak ada sosialisasi ke warga, bahkan panitia pildes siapa kami tidak tahu,” katanya, Rabu (21/9/2016).

Ketua Panitia Pilkades Desa Batu Putih, B.Herizon mengatakan sekarang ini kami belum melakukan sosialisasi, disinggung masalah tahapan sudah sejauh mana kegiatan yang dilaksanakan untuk menghadapi pemilihan kepala desa.

” Sementara ini masih menyusun mata pilih sementara, terkait masalah untuk pengenalan (sosialisasi) kepada masyarakat siapa saja yang mencalonkan diri untuk kepala desa belum dikerjakan.” Ungkapnya

Herizon juga mengakui memang ada kendala masalah dana sudah habis dan karena minim anggaran pilkades yang diberikan kepada panitia.

” Dari pihak Kecamatan Baturaja Barat sampai sekarang tidak pernah mengarahkan atau koordinasi dengan kami, dalam Pilkades serentak yang sebentar lagi akan dilaksanakan.” Tegasnya.

Terpisah Camat Baturaja Barat Heryamin, SAg, SP, MSi ketika dikonfirmasi wartawan mengatakan selama ini pihak Kecamatan dari awal sudah membantu panitia untuk pilkades, di desa Batu Putih, di Kecamatan Baturaja Barat, namun hanya satu desa yang akan melaksanakan pemilihan kepala desa.

“Panitia pilkades sudah kami panggil untuk berkoordinasi dan diarahkan mulai dari menyusun rencana kegiatan, kemudian dana anggaran untuk pilkades desa Batu Putih sudah kami rencanakan dengan baik, hingga sampai saat ini tetap kami pantau dan monitor.” Jelasnya.

Namun disinggung masalah dana pilkades untuk desa Batu Putih, Heryamin menambahkan dana tersebut ada sekitar Rp.46 juta, diharapakan Pilkades yang nantinya akan dilaksanakan serentak dapat berjalan dengan baik.
(Ariyan)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *