Momentum Bangkitnya Anak Indonesia di Tingkat Internasional

  • Whatsapp

JAWA TIMUR, beritalima.com  Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Gubernur ke 108 hendaknya dijadikan momentum kebangkitan anak-anak Indonesia agar bisa berprestasi di tingkat internasional. Harapan itu disampaikan Gubernur Jawa Timur Dr.H. Soekarwo seusai mengikuti Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 108 di Halaman Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Jum’at (20/5) pagi.

Pakde Karwo, sapaan akrab Soekarwo mencontohkan anak-anak remaja Jatim yang mempunyai semangat belajar luar biasa. Aura cerdas anak-anak ini perlu diperkuat dengan basis spritual dan moral agar prestasi yang dicapai terus berada di jalur yang lurus. Dengan demikian saya berharap mereka bisa mengibarkan bendera merah putih di manca negara dengan prestasinya.
Sementara itu Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara yang menjadi Inspektur Upacara pada acara tersebut mengatakan kebangkitan nasional harus bisa dijadikan momentum bagi kita semua. Pada awalnya dr Wahidin ingin memerdekakan bangsa ini, setelah merdeka mengisi kemerdekaan.
“Cara mengisinya dengan fokus pada kompetisi di dunia globalisasi. Semangat kompetisi adalah semangat juang selalu ingin menang, dengan membuat suatu inovasi. Saya harapkan bisa belajar dan mencari ilmu lebih baik, terutama masalah digital. Para Guru tolong dijaga karena menjaga generasi kedepan itu bukan hanya bisa dilakukan pemerintah Pusat atau pemerintah daerah tapi bisa dilakukan oleh para keluarga. “Anak-anak kalau beli pulsa jangan dihabiskan untuk hal-hal yang negatif, tapi untuk hal-hal yang positif,” tandasnya.
Menurut Rudiantara, dunia digital merupakan hal yang tidak dapat dihindari. Hanya perlu menata ke arah positif daripada ke negatifnya. Manfaatkan teknologi digital untuk lebih memberdayakan ekonomi, contohnya e-commerce.
Pemerintah mempunyai program mengkreasi 1000 techno dalam lima tahun mendatang diharapkan tahun 2020 nilai e-commerce mencapaiUS$ 130 miliar. Ini merupakan 9 persen dari total ekonomi nasional dan sudah terefleksi dalam digital ekonomi. Jadi digital ekonomi bisa memberi banyak manfaat.
Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2016 di Halaman Gedung Negara Grahadi terasa istimewa karena baru pertama kalinya dalam dipimpin langsung oleh Menteri Kominfo. Upacara dipimpin oleh komandan upacara Letkol Marinir hervianto (Danyon Arhanud I Marinir Surabaya), dengan peserta upacara dari TNI/Polri, Korpri, mahasiswa, pelajar, pramuka, dan korps musik Kantor Gubernur Jatim ini berjalan khidmad dan lancar. Sedangkan Pasukan Pengibar Bendera dari SMA Kemala Bhayangkari I Surabaya, SMA Negeri 17, 19, 20 surabaya dan sma 17 agustus 1945 surabaya.
Suasana makin hidup dengan persembahan lagu-lagu dari paduan suara yang berjumah 250 pelajar gabungan dari SMA Negeri 14 Surabaya, SMA Negeri 17 Surabaya, dan SMA Negeri 20 Surabaya, diiringi kelompok ansamble Nusa Octave Orchestra dari SMA NU I Gresik.
Launching Sistem Elektronik Peraturan Daerah (e-Perda)
Seusai Ziarah ke Makam Pahlawan Nasonal dr Soetomo di Jl Bubutan Surabaya, Gubernur Jatim Pakde Karwo melakukan teleconference dengan Gubernur Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara dan Kalimantan Selatan tentang Sistem Elektronik Peraturan Daerah (e-Perda).
Menurut Pakde Karwo, program baru ini sangat baik, sekaligus kebutuhan yang tidak bisa ditolak. Jatim sudah sangat siap. “Pasti Jatim juga akan mengikuti, karena hal itu demi efisiensi. Pembayaran pajak di Jatim prosesnya sudah menggunakan sistm elektronik. Single number pada ID KTP harus dikembangkan, mungkin kerja sama dengan perbankan untuk kegiatan sosial dan perdagangan. Persyaratan untuk teknologi harus ada moralitas yang kuat. Ini era ekonomi digital,” ujarnya.
Di Jatim, ada empat daerah yang akan dibantu yaitu Bangkalan, Sampang, Situbondo dan Bondowoso. “Ada empat hal yang harus dilakukan, yaitu meliputi pendidikan/ keterampilan, infrastruktur, pilihan hidupnya di pertanian. Kalau tiga hal itu sudah didorong, nanti digital pasti bermanfaat,” imbuhnya. (** ).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *