Monitoring Layanan Haji Embarkasi Surabaya, Sekjen Kemenag RI: Sudah Sesuai SOP

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com-
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama, Muhammad Ali Ramdhani melakukan monitoring penyelenggaraan ibadah haji di Asrama Haji Embarkasi Surabaya pada Kamis (16/5/2024). Plt. Kakanwil Kemenag Jawa Timur, Mufi Imron Rosyadi beserta jajaran turut hadir mendampingi.

Ketika ditemui awak media, Kang Dhani, sapaan akrab Muhammad Ali Ramdhani menjelaskan tidak dapat dipungkiri bahwa ada beberapa masalah dalam penyelenggaraan haji tetapi sejauh ini bisa ditangani dengan baik.

“Mohon bantuan doanya dari masyarakat semoga penyelenggaraan haji tahun ini dapat berjalan dengan baik,” pinta Kang Dhani.

Pria yang meraih gelar guru besar pada usia 34 tahun ini menjelaskan tema penyelenggaraan haji tahun 2024 ini sama dengan tahun lalu.

“Lagi-lagi tahun ini kita mengusung tema Haji Ramah Lansia, Harapannya kita bisa memberikan layanan terbaik bagi jemaah dari semua komunitas masyarakat dan semua kelompok karena tahun ini kita memberangkatkan 241 ribu jemaah yang 24 persennya adalah komunitas lansia,” jelasnya.

Kang Dhani melanjutkan, lansia dalam hal ini mendapat atensi penuh dari Menteri Agama agar penyediaan fasilitas, termasuk layanan akomodasi dan transportasi adalah yang ramah untuk semua kelompok masyarakat.

Kang Dhani menuturkan kedatangannya kali dalam rangka melakukan monitoring terhadap pelayanan penyelenggaraan ibadah haji di Embarkasi Surabaya.

“Saya melihat pelayanan haji di sini berjalan dengan baik dan sudah sesuai SOP,” ujarnya.

Kang Dhani menjelaskan jika ada sedikit masalah terkait kesehatan jemaah haji sehingga ada penundaan keberangkatan namun masih bisa ditangani dengan baik.

Plt. Kakanwil, Mufi Imron Rosyadi menjelaskan hari ini, 5 kloter telah memasuki asrama haji. Kloter 21, kloter 22, dan kloter 23 asal Kota Malang, kloter 24 asal Kabupaten Malang, Kota Malang, Kota Surabaya, dan Kabupaten Ngawi serta kloter 25 asal Kabupaten Ngawi.

Malam ini, kloter 21 dan kloter 22 akan keluar kamar untuk mulai mengikuti proses pemberangkatan yakni pada pukul 22.20 dan pukul 23.15 WIB.

Asrama Haji Embarkasi Surabaya menyediakan beberapa fasilitas ramah lansia, antara lain pendampingan petugas bagi jemaah haji lansia ketika turun dari bus daerah maupun ketika proses pemberangkatan, penyediaan shuttle car dari hall menuju kamar, pengantaran koper tenteng hingga kamar, adanya kursi pijat otomatis, penyediaan kuota pendampingan, dan penyediaan menu makan yang ramah lansia.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait