MTQ Ke XXIX Papua, Kota Jayapura Menang Juara Umum

  • Whatsapp

JAYAPURA – Kota Jayapura akhirnya terpilih menjadi juara umum pada Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XXIX Provinsi Papua yang digelar di Aula Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kotaraja Abepura Jayapura.

Penutupan sekaligus pengumuman para pemenang dilakukan pada Jumat (5/8) malam

Kemenangan khalifah Kota Jayapura ini setelah memperoleh point tertinggi yakni 76 poin disusul Kabupaten Mimika 40 poin dan menempati urutan 2, Merauke 33 menempati urutan 3, Kabupaten Jayapura 26 poin, menempati urutan 4, Kabupaten Sarmi 6 poin, menempatiurutan 5, Kabupaten Keerom 5 poin menempati urutan 6, Kabupaten Waropen 5 poin, menempati urutan 7, Kabupaten Asmat 3 poin menempati urutan 8, Kabupatenn Supiori 3 poin, menempati urutan 9 dan Boven Digoel 1 menempati urutan 10.

Selain berhak atas piala bergilir Gubenur Papua, Kota Jayapura juga akan mewakili Provinsi Papua pada MTQ Tingkat Nasional di Banjar Masin.

Ketua Umum LPTQ Provinsi, Muhammad Musaad dalam sambutannya menyebut jika MTQ yang diselenggarakan di Papua mengalami kemajuan dari tahun sebelumnya. Sebanyak 315 peserta dari 17 Kabupaten/Kota di Papua turut serta.

“Ini makin tahun MTQ di Papua ini semakin bagus dan berkembang, kita bisa lihat dari penyebaran raihan prestasi dari masing-masing Kabupaten. Ada kabupaten-kabupaten yang baru bergabung namun sudah menunjukkan prestasi yang luar biasa,”katanya.

Dirinya mengapresiasi kerja keras LPTQ di seluruh Kabupaten Kota di Papua yang telah bekerja keras untuk kemajuan MTQ diwilayahnya masing-masing.

“Saya sampaikan terimakasih dan penghargaan tinggi kepada seluruh teman-teman LPTQ di Kabupaten Kota, yang telah bekerja dengan keras, bekerja dengan ikhlas, sehingga hasilnya luar biasa,”ucap Musaad.

Diungkapkannya, bahwa LPTQ Papua telah bekerjasama dengan lembaga pengembaangaan Tilawah di Jakarta untuk pembinaan para Tilawah di Papua. Dirinya juga menyebut prihal lembaga tilawah di 3 Provinsi Baru.

“Dalam waktu dekat akan diberangkatkan, yang terbaik yang punya prestasi akan dibina di Jakarta dan kalau perlu kita bisa sekolahkan yang memiliki prestasi. Kita juga sepakat bahwa dengan adanya Provinsi baru maka nantinya pembinaan dan pendampinagan akan terus kita lakukan,”jelasnya.

Mewakilk Gubernur Papua, Sekda Provinsi Papua, Dr. Ridwan Rumasukun, menyampaikan ucapan selamat kepada para pemenang MTQ ke XXIX, walaupun dimasa Pandemi Covid 19 mampu menyelenggarakan seleksi Tilwatil Qur’an dengan lancar dan sukses.

“Selamat kepada para pemenang, dan saya sampaikan dengan kehadiran 3 daerah otonomi baru (DOB) meliputi Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah dan Pegunungan, tentunya akan berpengaruh penyelenggaraan MTQ tahun-tahun yang akan datang”ucapnya.

Para pengambil kebijakan strategis dibidang kelembagaan LPTQ untuk segera mengambil kebijakan strategis.

Pihaknya berharap agar segera persiapkan diri untuk menuju MTQ Tingkat Nasional di Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan, bulan Oktober mendatang, dirinya meminta Papua mampu menjadi juara, mari buktikan bahwa Papua mampu maju sejajar dengan Provinsi Papua.

“Persiapkan untuk MTQ Nasional di Kalimantan Selata, dan upayakam mampu mendapat juara,”pungkasnya.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait