Muhammad Rizqullah Ramadhani, Anak Muadzin Berprestasi Dunia

  • Whatsapp
Muhammad Rizqullah Ramadhani bersama orangtua dan saudaranya.

SURABAYA, beritalima.com – Usianya masih belia, masih 16 tahun. Namun karena prestasinya, Arek Suroboyo ini sudah 7 kali terbang ke 5 negara untuk mengharumkan nama bangsa dan negara, bersama Timnas Baseball Garuda Indonesia.

Namanya Muhammad Rizqullah Ramadhani. Dia putra kedua pasangan Gatot Teguh Soelistyo SH – Yulia Priharini, warga Jalan Luntas, Surabaya.

Sudah tak terhitung banyaknya kejuaraan baseball dan softball tingkat nasional maupun internasional yang diikuti pemuda kelahiran 8 Desember 2000 ini. Dia mulai menggemari olahraga asal Amerika ini sejak usia 8 tahun, ketika masih duduk di bangku kelas II SDN Kertajaya, Surabaya.

Setelah 2 tahun aktif latihan dan mengikuti kejuaraan baseball tingkat lokal, talentanya mulai terpantau dan akhirnya dipanggil masuk Timnas Garuda ketika Ramadhani umur 10 tahun. Bersama Timnas, dia pertama kali terbang ke luar negeri mengikuti kejuaraan dunia baseball usia 12 tahun IBAF di Taipeh, Taiwan, tahun 2011.

Konstribusinya yang cukup tinggi di Timnas, di tahun yang sama Ramadhani kembali dipanggil Timnas untuk mengikuti Kejuaraan Baseball Asia Pasifik U-11 PONY Bronco di Singapura. Berkat permainan Ramadhani yang cukup cemerlang di posisi pitcher (pelempar bola), di event ini Timnas Indonesia berhasil masuk final meski akhirnya hanya sebagai Juara 2.

Sejak itu Ramadhani bukan hanya jadi kebanggaan keluarga, tapi juga kebanggaan KONI dan Pemerintah Daerah serta KONI Pusat. Dia hampir selalu jadi pemain langganan Timnas Baseball di event-event internasional untuk kelompok umur.

Puluhan medali dan sertivicat penghargaan banyak terpajang di kediaman Ramadhani, yang diantaranya menyebutkan sebagai atlit berprestasi tingkat internasional dari Walikota Surabaya Ir. Risma Triharini dan tertanggal 15 Pebruari 2014.

Risma cukup bangga atas prestasi pemuda ini. Bukan karena Ramadhani keponakan anggota DPRD Tk.I Jatim Gatot Tantra, tapi karena anak ini juga berprestasi di akademiknya. Karena kecedasannya, putra muadzin sebuah mushola yang punya usaha garmen ini diterima di sekolah-sekolah favorite, di SMPN 1 Surabaya, dan saat ini di Kelas X Jurusan IPA SMAN 5 Surabaya.

“Alhamdulillah, ini anugerah buat kami selaku orangtuanya,” ucap bapak Ramadhani, Gatot Teguh Soelistyo, saat ditemui di Sekretariat DPC Partai Hanura Surabaya, Kamis (19/1/2017). Pria umur 49 tahun yang akrab dipanggil Aguk ini mengaku mantan atlit softball, kendati tingkat lokal.

Namun, dalam catatan yang ditemukan media ini, Aguk juga pernah jadi Ketum Pengurus Perkumpulan Softball Baseball HOC Surabaya, dan mantan Manager PON 2008 Jatim di Kaltim. Dia juga bapak dari putri bernama Desya Sulistiyorini Saraswati, mahasiswi ITS Surabaya.

Ramadhani, putra kedua Aguk, memang terbilang atlit multitalenta. Selain berprestasi internasional di baseball, pemuda yang memiliki tinggi badan 170 cm ini juga tercatat sebagai mantan atlit basket SMPN 1 Surabaya, pernah 2 kali mengikuti turnamen DBL, dan sekarang atlit basket SMAN 5 Surabaya. Di samping itu, pemuda yang ingin kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB)Fakultas Teknik Arsitektur ini juga suka sepakbola.

Muhammad Rizqullah Ramadhani bersama Walikota Surabaya Ir. Risma Triharini.

Di bawah ini data prestasi internasional Ramadhani. Pertama, mengikuti kejuaraan dunia baseball usia 12 tahun IBAF di Taipeh, Taiwan, tahun 2011.

Kedua, mengantar Timnas Baseball Indonesia sebagai Juara 2 tingkat Asia Pasifik baseball usia 11 tahun PONY Bronco di Singapura tahun 2011.

Ketiga, tahun 2012 mengikuti kejuaraan Asia baseball usia 12 tahun di Chengdu, China, dan berada di peringkat 4.

Keempat, tahun 2013 ikut kejuaraan Asia Pasifik baseball usia 14 tahun PONY Mustang di Manila, Philipina.

Kelima, ikut Kejuaraan Asia Timur baseball usia 14 tahun di Okinawa, Jepang, tahun 2014.

Keenam, Kejuaraan Asia Timur baseball usia 14 tahun, SEAYBST di Clark, Philipina, tahun 2014.

Ketujuh, Kejuaraan Asia Timur baseball usia 14 tahun di Okinawa, Jepang, tahun 2015.

Setelah itu, tanggal 20-26 Maret 2017 nanti Ramadhani akan bersama Timnas Garuda Usia 18 tahun mengikuti kejuaraan baseball SEAYBST (South East Asia Youth Baseball Softball Tournament) di Perth, Australia. (Ganefo)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *