Mulai Hari Ini KAI Siapkan Layanan Tes PCR Seharga Rp195.000,-

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya menghadirkan layanan tes PCR di stasiun selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru), mulai 23 Desember 2021. Taripnya Rp195.000,-.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, Kamis (23/12/2021) mengatakan, hadirnya layanan tes PCR di stasiun ini merupakan bagian dari upaya KAI dalam meningkatkan pelayanan pada pelanggan di masa Nataru.

“Layanan ini hadir guna membantu masyarakat dalam melengkapi persyaratan naik KA di masa Nataru, khususnya pelanggan usia di bawah 12 tahun yang diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes PCR mulai 24 Desember,” tambah Luqman.

Ada 3 stasiun di Daop 8 Surabaya yang siap melayani tes PCR. Untuk yang beroperasi pada 23 Desember di Stasiun Surabaya Pasar Turi, dan pada 24 Desember di Stasiun Surabaya Gubeng dan Malang.

Layanan tes PCR di tiga stasiun ini merupakan wujud Sinergi BUMN antara KAI dengan Rajawali Nusantara Indonesia melalui anak usahanya yaitu Rajawali Nusindo serta Indofarma melalui anak usahanya, Farmalab Indo Utama, serta pihak-pihak lainnya.

Untuk dapat melakukan tes PCR di stasiun, calon pelanggan harus menunjukkan kartu identitas dan tiket atau kode booking KA Jarak Jauh yang sudah dibayarkan. Hasil tes PCR akan keluar maksimal 1×24 jam setelah pengambilan sampel melalui email pelanggan serta sudah terintegrasi dengan aplikasi Peduli Lindungi.

“Calon pelanggan agar memperhitungkan waktu tes dan keberangkatannya agar masa berlaku hasil tes PCR-nya masih valid,” jelas Luqman.

Sesuai SE 112 Kemenhub No 2021, persyaratan untuk naik KA Jarak Jauh pada periode keberangkatan 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022, untuk usia di atas 17 tahun harus vaksin dosis lengkap (dosis kedua) dan menunjukkan hasil negatif RT-PCR 3×24 jam atau Rapid Test Antigen 1×24 jam.

Untuk usia 12 sampai 17 tahun vaksin minimal dosis pertama dan menunjukkan hasil negatif RT-PCR 3×24 jam atau Rapid Test Antigen 1×24 jam. Dan untuk usia di bawah 12 tahun menunjukkan hasil negatif RT-PCR 3×24 jam serta didampingi orang tua.

“Perhatikan kembali syarat-syarat perjalanan dengan seksama. KAI hanya akan memberangkatkan pelanggan yang sesuai persyaratan dalam rangka menyediakan layanan kereta api yang aman, nyaman, sehat, dan selamat di masa pandemi Covid-19,” tandas Luqman.

Selain menyediakan layanan RT-PCR, KAI juga menyediakan layanan Vaksinasi Covid-19 gratis di Stasiun Surabaya Gubeng dan Stasiun Malang, serta Rapid Test Antigen di 10 stasiun, di antaranya di Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Malang, Sidoarjo, Mojokerto, Bojonegoro, Lamongan, Babat, Kepanjen, dan Wonokromo, seharga Rp45.000,- bagi pelanggan KA Jarak Jauh.

“Para pelanggan KA diharapkan dapat memanfaatkan berbagai layanan tersebut dan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin saat menggunakan layanan KA guna mencegah penyebaran Covid-19 melalui transportasi KA,” tutup Luqman. (Gan)

Teks Foto: Layanan Tes PCR bagi pelanggan KA di stasiun, Kamis (23/12/2021).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait