Munas IV IKABU Mengambil Tema Santri Harus Berkiprah

  • Whatsapp

Jombang | beritalima.com – Sedikitnya 500 orang peserta alumni Pondok Pesantren Bahrul Ulum (PPBU) yang tersebar di 26 cabang di Indonesia mengikuti Musyawarah Nasional IV Ikatan Keluarga Alumni Bahrul Ulum (IKABU), yang diselenggarakan di Auditorium Madrasah Muallimin Muallimat 6 Tahun Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, Sabtu (25/6/2022).

Tema Munas IV IKABU mengetengahkan tentang Kiprah Santri Untuk Peradaban Dunia, hadir pada kesempatan tersebut Bupati Jombang selaku atas nama pribadi dan Bupati Jombang, Nyai Hj. Munjidah Wahab, Ketua Majelis Pengasuh PPBU, Dr. KH Moh Hasib Abdul Wahab, Wakil Ketua Majlis PPBU KH. Sholahul Am Notobuwono, SE., dan Ketua Umum IKABU : Drs. H. Taufiq Djalil, MM.

Lebih lanjut disampaikan Ketua Panitia Munas IV IKABU Gus Hasan, bertujuan untuk meningkatkan peran serta alumni terhadap pengembangan Ponpes Bahrul ‘UlumTambakberas Jombang di bumi Nusantara Indonesia.

Selain meningkatkan peran dan alumni ingin mensinergiskan pergerakan dakwah alumni Bahrul Ulun di seluruh Indonesia melalui penyelarasan visi dan misi alumni secara nasional. Selain itu ingin menjalin silaturrahim dan mengokohkan ukhuwah antar alumni Bahrul Ulum di seluruh Indonesia.

“Melakukan evaluasi kinerja pengurus IKABU
Tambakberas masa jabatan 2016-2021 dan membentuk dan menetapkan susunan kepengurusan IKABU Tambakberas masa jabatan 2022-2027,” jelasnya.

Ketua Umum IKABU pun dalam sambutannya menyampaikan bahwa santri harus berkiprah dan tidak hanya sekedar bisa membaca ayat al-qur’an akan tetapi bisa meramaikan pondok sekitar. Gus Fadlullah Malik pun yang menggantikan ketidak sediaan Wakil Ketua Majelis PPBU menyampaikan bahwa santri selalu berjuang dan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT.

Lebih jauh diungkapkan Nyai Hj. Munjidah Wahab meminta ketua dan pengurus periode 2022-2027 murni diisi alumni pesantren Bahrul Ulum, Tambakberas. Sementara zuriyyah atau keturunan keluarga besar Bahrul Ulum dimasukkan di atas pengurus.

“Dengan begitu, IKABU bisa berkembang dan bisa meluaskan dakwahnya di masyarakat,” ucap Hj Mundjidah Wahab salah satu anak dari pendiri NU.

Masih diungkapkan anak dari pendiri NU, tidak perlu ada perubahan AD/ART melainkan keturunan Bahrul Ulum harus terpilih dalam pengurus IKABU pada periode ini. Ia pun meminta keturunan keluarga besar Ponpes Bhrul Ukum dimasukan baik keseluruhan maupun perwakilan. Menurutnya di Ponpes BU itu ada empat bani yakni Bani Wahab, Bani Rohim, Bani Hamid , dan Bani Fattah.

“Saya berharap kepengurusan tidak didominasi oleh salah satu alumni madrasah atau asrama pondok di Bahrul Ulum, semua harus dimasukkan. Sebab, yang ada adalah alumni Bahrul Ulum Tambakberas bukan dari salah satu pondok di Bahrul Ulum,” harapnya.

Secara eksplisit atas nama pribadi Munjidah, meminta kepada pengurus IKABU yang terpilih untuk periode 2022-2027, terus mendata para alumni yang selanjutnya ditindaklanjuti oleh pengurus di daerah.

“Sedikitnya terdapat 2000 santri yang dilahirkan Bahrul Ulum setiap tahunnya,” pungkas Hj. Munjidah Wahab.

Selain Munas IKABU IV, panitia menyusun rangkaian kegiatan selama tiga hari yakni 24-26 Juni 2022 melaksanakan ziarah Massis BU yang diikuti panitia dan peserta, bakti sosial baik panitia maupun masyarakat umum, dan bazar buku dan makanan diikuti panitia dan penerbit buku di lingkungan Bahrul Ulum, Santri dan Alumni.

Reporter : Dedy Mulyadi

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait