Musibah Banjir Dan Longsor Melanda Gorontalo

  • Whatsapp
Korban banjir dan longsor dievakuasi

Gorontalo, beritalima.com|– Musibah banjir terjang beberapa wilayah di lima kecamatan  Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo pada Minggu (7/7).

Peristiwa ini terjadi setelah hujan lebat dengan durasi lama sejak Sabtu (6/7), berakibat meluapnya debit air sungai  disertai jebolnya tanggul.

Lima kecamatan terdampak tersebut adalah Kabila Bone, Botupingge, Bone,  Bonepantai dan Bulango Utara. Sebanyak 288 rumah warga dari lima kecamatan tersebut digenangi air dan lumpur dari material bawaan banjir.

Data sementara BPBD Kabupaten Bone Bolango mencatat 288 kepala keluarga atau 1.029 warga terdampak bencana banjir ini.

Masih di Gorontalo, juga ada tanah longsor  di Desa Tulabolo, Kecamatan Suwawa  dipicu hujan deras pada sejak hari Sabtu (6/7).

Hingga tadi pagi (8/7), tercatat 20 orang  dievakuasi, Meninggal  10 dan telah dievakuasi serta 29 dalam pencarian.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan adanya peringatan dini potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang untuk wilayah Kabupaten Bone Bolango dan sebagian wilayah Provinsi Gorontalo lainnya pada dua hari ke depan yaitu Senin dan Selasa (8-9/7).

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau para pemangku kebijakan di daerah dan juga masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi adanya bencana susulan.

Jurnalis: Rendy/Abri

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait