Nahkoda Kapal Jadi Korban Tembak Aparat PNG, BPJS Berikan Kepesertaan JKN Gratis

  • Whatsapp

Merauke – BPJS Kesehatan Cabang Merauke sambangi keluarga Almarhum Sugeng, nahkoda yang menjadi korban tembak aparat patroli Papua New Guinea (PNG) pada Senin 22 Agustus 2022 lalu.

Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk memastikan anggota keluarga almarhum telah terdaftar dan terlindungi oleh Program JKN (Jaminan Kesehatan Nasional).

Dalam kunjungan tersebut, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Merauke, Achmad Zainuddin yang juga mewakili manajemen BPJS Kesehatan menyampaikan turut berbelasungkawa atas apa yang menimpa Alm. Sugeng serta keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan atas musibah tersebut. Menurutnya, selain memastikan pemberian jaminan kesehatan, BPJS Kesehatan juga harus memastikan setiap masyarakat telah memiliki jaminan kesehatan tidak terkecuali keluarga almarhum.

“Sebagai Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, kami harus memastikan setiap masyarakat telah terlindungi Program JKN khususnya masyarakat Kabupaten Merauke. Dari hasil penelusuran kepesertaan, keluarga Alm. Sugeng telah terdaftar sebagai peserta JKN segmen Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI-JK) dan sebagian keluarganya terdaftar sebagai peserta Pekerja Bukan Penerima Upah Pemerintah Daerah (PBPU-Pemda) Kabupaten Merauke,”kata Achmad, Sabtu (27/8).

Dijelaskan, pihaknya sebelumnya telah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Merauke terkait kepesertaan beserta anggota keluarganya.

“Anggota keluarga yang lainnya sudah terdaftar sebagai Peserta JKN aktif pada segmen PBI-JK yang iurannya dibayarkan oleh Pemerintah Pusat namun memang masih ada satu anggota keluarganya yang belum terdaftar yakni anak ketiga dan kami sudah melakukan koordinasi dengan Pemda melalui Dinas Sosial Kabupaten Merauke dan oleh karena itu Pemda mendaftarkannya sebagai peserta JKN yang iurannya ditanggung oleh Pemda,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Nur Samsiati yang merupakan istri Alm. Sugeng yang juga merupakan peserta JKN segmen PBPU-Pemda menyampaikan terima kasih atas perhatian dan kepedulian dari BPJS Kesehatan dan Pemda Kabupaten Merauke. Menurutnya memiliki kartu JKN merupakan hal penting yang harus diprioritaskan agar ketika ingin mengakses pelayanan kesehatan lebih aman dan nyaman.

“Atas nama keluarga besar menyampaikan terima kasih atas perhatian serta kepedulian dari BPJS Kesehatan Cabang Merauke. Alhamdulillah, kepesertaan JKN keluarga saya sudah lengkap dan mudah-mudahan Program JKN semakin baik dalam memberikan perlindungan jaminan kesehatan bagi masyarakat,” ucapnya.

Menutup kunjungan tersebut, BPJS Kesehatan Cabang Merauke menyerahkan kartu JKN kepada keluarga almarhum Sugeng.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait