OJK Jatim Dorong Pertumbuhan Keuangan Syariah

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 4 Jatim menggelar AKSI SHIYAM (Akses Keuangan Syariah melalui Siar, Inkubasi Bisnis Syariah dan Aplikasi Digital Berbasis Masjid).

Acara di Hotel JW Marriot Surabaya, Kamis (7/6/2018), ini dihadiri Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin, Gubernur Jatim Soekarwo dan Deputi Komisioner OJK Ahmad Buchori.

Kegiatan ini merupakan wujud konkrit komitmen OJK Kantor R4 Jatim untuk mendorong pertumbuhan keuangan syariah di daerah.

Menurut Kepala OJK KR4 Jatim, Heru Cahyono, aset perbankan syariah di Jatim pada April 2018 meningkat 19,25%, didukung pertumbuhan DPK 19,54% dan pembiayaan 17,46%.

Dengan tingkat pertumbuhan ini, market share perbankan syariah di Jatim mencapai 5,15%, melampaui target 5% yang selama ini dijadikan acuan keberhasilan penetrasi perbankan syariah di suatu daerah.

“Capaian ini hasil dari ikhtiar yang cukup lama, dan terwujud berkat dukungan penuh dari seluruh pegiat ekonomi dan keuangan syariah di Jatim,” kata Heru.

Diungkapkan pula, UMKM diharapkan menjadi mesin pertumbuhan ekonomi Indonesia, sehingga perlu diberdayakan melalui dukungan permodalan dari perbankan syariah.

Disebutkan, sampai saat ini porsi pembiayaan di sektor UMKM oleh perbankan syariah masih relatif kecil, yaitu 30,49% dari total pembiayaan perbankan syariah di Jatim.

Karena itu, OJK KR4 Jatim mendorong industri perbankan syariah untuk lebih berperan aktif menggagas berbagai macam program dalam memperluas dan mempermudah akses keuangan syariah di sektor UMKM di Jatim.

Potensi pengembangan keuangan syariah di Jatim sangatlah besar, dengan penduduk muslim yang mencapai 40,7 juta dan 50.000 lebih dan masjid yang tersebar di seluruh Jatim.

Mempertimbangkan hal itu, OJK KR4 Jatim bersama para pegiat keuangan syariah di Jatim menggagas program peningkatan akses keuangan syariah berbasis masjid, yakni Aksi Ummad dan Smart Muslim.

Melalui program Aksi Ummad, diharapkan banyak masyarakat kecil khususnya pengusaha ultra mikro memperoleh akses keuangan syariah.

Juga melalui program Smart Muslim dalam bentuk aplikasi berbasis android, diharapkan para jama’ah dan pengurus masjid serta usaha mikro di sekitar masjid dapat saling terkoneksi dan memperoleh akses keuangan dari perbankan syariah dalam bentuk pengelolaan kas masjid dan transaksi jual beli melalui fitur market place.

“Untuk mendukung percepatan akses keuangan syariah, OJK KR4 Jatim bersama MUI Jatim menggagas penerbitan Buku Pintar Keuangan Syairah khusus untuk Muslimah,” ujar Heru.

Buku ini terbagi 3 bagian utama, yaitu Mengenal Keuangan Syariah, Industri Jasa Keuangan Syariah, dan Perencanaan Keuangan Keluarga Islami.

Buku ini ditulis OJK KR4 Jatim, perwakilan dari Asosiasi Dewan Pengawas Syariah Indonesia (ADPASI) Regional 3, Muslimat NU Jatim, Fatayat NU Jatim, Aisyiyah Jatim, Muslimat Hidayatullah Jatim, dan Nahdliyat Cinta Indonesia (NCI) Jatim.

Kehadiran buku ini diharapkan menjadi referensi bagi para Da’i dan muballigh dalam mengenalkan konsep keuangan syariah serta aplikasinya secara massif dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Dengan pelantikan pengurus PINBAS MUI Jatim, OJK KR4 Jatim sangat mendukung program kerja yang dirumuskan pengurus, khususnya terkait program inkubasi usaha mikro.

Hal ini berangkat dari pemikiran peningkatan akses keuangan syariah tidak akan berjalan efektif bila tidak diikuti langkah-langkah yang komprehensif untuk mengawal dan meningkatkan kapasitas usaha mikro dan kecil yang dapat dilakukan melalui proses inkubasi usaha.

Karena itu, OJK KR4 Jatim menginisiasi kolaborasi program kerja dengan PINBAS MUI Jatim, khususnya mendukung pelaksanaan program Aksi Ummad. (Ganefo)

Ka-Ki: Heru Cahyono (Kepala KR4 OJK Jatim) bersama KH Abdusshomad Buchori (Ketua MUI Jatim), Prof Dr KH Ma’ruf Amin (Ketua MUI), dan Achmad Buchori (Advisor OJK).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *