Optimalisasi Serapan Gabah Percepat Target Dan Realisasi

  • Whatsapp

Inspeksi geliat program serapan gabah (sergab) yang digeluti Kodim 0809/Kediri, dilakukan Kolonel Inf Mandrawan dan Kolonel Inf Dwi Suryo dari Tim Sergab Mabesad TNI, didampingi Kasdim Kediri, Mayor Inf Joni Morwantoto, Pasi Komsos Korem 082/CPYJ, Mayor Inf M.J.Arifin, Ir. Widodo Imam Santoso dari Dinas Pertanian Kabupaten Kediri dan Ir. Rahmad Sahjoni dari Bulog Sub Drive V Kediri. Tim sergab ini terjun langsung ke lokasi areal pertanian yang berada di Desa Balongjeruk, Kecamatan Kunjang, Kabupaten Kediri, serta menemui sejumlah petani yang saat itu sedang panen padi, rabu (05/04/2017)

Dilahan seluas sekitar 8,4 hektar ini, sepekan yang lalu diindikasikan diserang hama wereng, dan solusi pencegahan gagal panen ialah sesegera mungkin melakukan panen padi yang mayoritas bervarietas Mekongga. Varietas padi Mekongga yang dipanen gapoktan (gabungan kelompok tani) Karya Tani Desa Balongjeruk ini, mampu menembus angka 7 ton per hektarnya. Pencegahan penyebaran hama wereng juga sudah dilakukan dengan penanaman refugia di sekitar areal pertanian, sebagaimana dikutip dari Umar Mujadid, Penyuluh Pertanian Kecamatan Kunjang.

Danramil Kunjang, Kapten Inf Sunarjo juga menyampaikan seputar aktifitas serapan gabah yang ada di Kecamatan Kunjang, khususnya saat para petani memanen padi maupun saat padi dalam tahap transaksional atau jual beli, baik kepada pedagang maupun Bulog, selaku pemangku cadangan pasokan pangan nasional.

Refugia sendiri berfungsi sebagai tanaman yang mendatangkan musuh alami bagi hama, dengan cara predator yang berada tanaman memakan hama disekitar lahan pertanian. Tanaman ini sanggup bertahan hingga 3 bulan, tetapi biji-biji Refugia tersebut bisa regenerasi bila jatuh ke tanah menggantikan tanaman sebelumnya, sebagaimana keterangan dari Eko Purnomo pengamat organisme pengganggu tanaman (POPT).

Usai meninjau langsung lokasi panen raya di Desa Balongjeruk, tim sergab menyempatkan diri mengunjungi salah satu gudang beras di Desa Balongjeruk, untuk lebih jauh mengetahui kondisi terkini serapan gabah yang ada di Kecamatan Kunjang.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *