Pakar Pendidikan Jawa Timur, Dr. Rukin, S.Pd. M.Si dianugrahi Gelar Kehormatan Kanjeng Raden Tumenggung ( KRT) dari Keraton Surakarta hadiningrat

  • Whatsapp

SURABAYA – beritalima.com Dr. Rukin, MSi secara resmi menjadi bagian dari keluarga Besar Keraton Surakarta Hadiningrat setelah menerima gelar Kanjeng Raden Tumenggung (KRT). Gelar kehormatan sebagai tokoh budaya pria tersebut diterima langsung Dr. Rukin, S.Pd, M.Si dari Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Dra. Koes Moertiyah Wandansari, atau lebih akrab disapa Gusti Moeng di Pendopo Eks Kewadenan Singosari Malang Kemarin Jumat Legi (11/11/2022).

Dalam anugerah gelar yang diterima itu tertulis Kanjeng Raden Tumenggung Dr. Rukin Sastro Wilogo, S.Pd, MSi Prosesi pemberian anugerah berlangsung dengan khidmat dan sakral. penamaan Sastro Wilogo diakhir Namanya mempunyai Arti Pakar Ilmu Pengetahuan.
Pemberian gelar tersebut bukan tanpa alasan. Gelar Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) merupakan gelar kehormatan untuk tokoh yang diyakini oleh keraton mampu berkarya serta melestarikan budaya dan menjaga keberagaman. Diketahui Dr. Rukin adalah Pakar Pendidikan Jawa Timur dan Ketua Forum Silaturahim Doktor Indonesia ( Forsiladi) Jatim yang intens Nguri Nguri budaya jawi di Jawa Timur.

Selain Dr. Rukin, Gelar Kanjeng Raden Tumenggung juga diberikan kepada Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Sukolilo Surabaya Dr. Mukhrojin, , serta beberapa Tokoh Agama dan tokoh masyarakat di luar lingkungan Kraton Solo.
Penyematan gelar kehormatan tersebut, merupakan bentuk apresiasi dari Keraton Solo pada para tokoh yang didasari pada kinerja dalam meningkatkan dan mengembangkan Sumber Daya Manusia.

Selain itu didasarkan pada peran aktif dalam pembangunan serta memajukan perekonomian nasional dan daerah serta memajukan kehidupan sosial masyarakat.
Penganugerahan gelar tersebut dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Malang, tokoh adat, tokoh masyarakat, segenap panitia PAKASA Keboarema Malang Raya yang diketuai oleh KRT. Muh. Nuh, SH., M.H. dan Letjen (Purn) TNI KRA Dr. H. Umar Abdul Aziz, S.Sos., SH., MH. selaku ketua Paranpara atau penasihat untuk wilayah Jawa Timur.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait