Pangdam XVI Pattimura Tingkatkan Program Emas Hijau & Emas Biru

  • Whatsapp

MASOHI,beritaLima.com,- Salah satu program prioritas Kodam XVI Pattimura, yakni emas hijau dan emas biru dalam memberdayakan potensi-potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki oleh Provinsi Maluku dalam mewujudkan emas putih.

Pangdam XVI / Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo optimis wilayah maluku mampu menjadi lumbung buah. Mampu memenuhi kebutuhan konsumsi buah bagi masyarakat Maluku dan Nasional di masa yang akan datang.

Optimisme ini dikemukakan Pangdam saat kunjungan ke Mako Yonif 731/Kabaresi Masohi menindak lanjuti program KODAM XVI/Pattimura “Emas Hijau dan Emas Biru” berupa penanaman pohoh di wilayah Kabupaten Maluku Tengah 2016 kemarin.

“Ada puluhan hingga ratusan jenis pohon buah dan pohoh keras yang ditanam. Bila itu dikelola dengan baik, tentu Maluku khususnya pulau seram akan jadi lumbung buah Nasional di masa akan datang,” tandasnya.

Lebih lanjut Monardo katakan dengan penuh optimis, bahwa Maluku dalam sejarahnya tercatat banyak varietas dan rasa buah-buahan. Termasuk juga, fakta bahwa varietas dan rasa buah di Maluku di topang oleh kondisi geografis.

“Misalnya buah durian, varietas dan rasa buahnya jauh lebih baik dibanding daerah lain. pala, kualitas terbaik ada di Pulau Banda. Begitupun dengan buah-buah lainnya. Bila di kembangkan dan dibudidayakan dengan baik, kesejahteraan masyarakat akan meningkat,” seru Pangdam.

Pohon buah yang ditanam dalam program Emas Hijau di Kabupaten Maluku Tengah antara lain berupa tanaman gandaria, pala, jeruk, sirsak, rambutan, nangka, durian, sukun, langsat, mangga, manggis, jambu, alfokat, cempedak dan varietas tanaman buah lain. Sedangkan Pohon keras berupa, samama, kecapi, kayu besih, dan lenggua.

Tercatat sudah sebanyak 150.000 tanaman buah dan tanaman keras yang direalisasikan penanamannya melalui program Emas Hijau di Kabupaten Maluku Tengah hingga saat ini.

“Tugas TNI tidak semata menjaga Kedaulatan Negara, tapi juga membantu pemerintah daerah dalam program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Salah satunya adalah dimana salah satunya melalui program pembangunan lingkungan yang kedepan dapat berimplikasi terhadap perekonomian masyarakat,” tandasnya.

Harapan yang sama dikemukakan Gubernur Maluku, Said Assagaff. Namun lebih menyoroti dukungan maksimal Pemerintah Kabupaten/Kota dalam hal bupati wakil bupati dan wali kota yang turut hadir dalam kegiatan saat itu.
Pasalnya, menurut Assegaff, program penanaman pohon yang diprogram Pangdam XVI/ Pattimura merupakan program yang bersinergi dengan program pemerintah pusat.

Kepada Bupati/walikota diingatkan bahwa, Program Emas Hijau dan Emas Biru mendapat apresiasi positif dari Presiden Joko Widodo.
Dan, Presiden berencana mengagendakan di bulan Oktober ini untuk berkunjungan ke Maluku khusus untuk melihat langsung komitmen pemerintah daerah dalam menyejahterakan masyarakatnya melalui program emas hijau dan emas biru.

“Presiden saat kunjungan lalu berjanji akan datang pada oktober depan untuk melihat langsung progres dari program emas biru dan emas hijau ini. Presiden menilai program sangat potensial meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Gubernur.

Turut dalam kunjungan kerja Pangdam XVI/Pattimura dan Gubernur Maluku ke Mako Yonif /731 saat itu didampingi muspida Provinsi Maluku. Sejumlah Kepala Daerah yakni Bupati dan Walikota se- Provinsi Maluku dan Maluku Utara, Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (Forkopimda) Provinsi Maluku dan Kabupaten se-Maluku. (Jossy)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *