Pangdivif 2 Kostrad Resmi Buka Latihan Bersama Garuda Shiield ke-13 di Situbondo

oleh -261 views

SITUBONDO,Beritalima.com – Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Mayjen TNI Tri Yuniarto S.A.P., M.Si., M.Tr.(Han)., didampingi Major General Jhon Peter Johson Deputy Comanding General U.S. Army Pasific membuka latihan bersama Garuda Shield-13 tahun 2019 di Dodiklatpur Rindam V/BRW Asembagus. Senin (19/08/2019).

Disampaikan oleh Mayjen TNI Tri Yuniarto dalam amanhnya, Latihan bersama yang diikuti sebanyak 1.547 Personel yang terdiri dari 675 Prajurit Kostrad dan 872 Prajurit dari tentara U.S. Army diharapkan dapat terlaksana dengan baik, serta mampu meningkatkan pengalaman militer masing-masing negara.


“Sebelumnya saya ucapkan selamat datang kepada para prajurit dari US Army Pacific di Indonesia, sebagaimana kita ketahui Latma Garuda Shield tahun 2019 ini telah memasuki tahun ke 13, selama kurun waktu tersebut kedua negara telah banyak belajar, berbagi pengalaman dan mengaplikasikan taktik serta teknik latihan bertempur sesuai penglaman prajurit masing-masing,”Ujar Mayjen Tri

Menurutnya, kerja sama dengan menggelar latihan bersama sangat penting, dengan pelaksanaan latihan bersama ini, memungkinkan angkatan darat kedua negara dapat mengambil manfaat yang sebesar-besarnya dalam membangunan satuan satuan masing – masing negara.

“Pembangunan Satuan di maksud seperti dibidang doktrin, organisasi, taktik dan teknik militer dan melalui latihan bersama ini diharapkan, koordinasi dan kerjasama antara TNI AD dan U.S. Army akan semakin erat dan kokoh sehingga terjalin hubungan kerjasama yang lebih baik dimasa yang akan datang,”Paparnya.

Dalam Latihan Garuda Shield ke 13 Pangdivif 2 Kostrad tersebut menekankan, latihan dengan bersungguh – sungguh, penuh rasa tanggung jawab, mengutamakan faktor keamana, menciptakan suasanan yang penuh keakraban sebagai wujud persahabatan diantara sesama peserta latihan.

‘Lakukan evaluasi dengan cermat terhadap semua materi yang telah dilatihkan sehingga kendala dan hambatan selama latihan dapat diperbaiki dan masukan untuk penyempurnaan latihan berikutnya, ini sudah ke 13 kalinya latihan bersama dan ini menunjukkan bahwa hubungan antara TNI AD dengan US Army sangat Baik,“Pesannya

Setelah dilaksanakannya upacara pembukaan , dilanjutkan dengan atraksi dari prajurit Kostrad yaitu melakukan free fall/terjun bebas dari ketinggian 3000 kaki, Beladiri Debus/Silat, tehnik Double Stick dan pemecahan besi baja dan batu beton.

Acara pembukaan Garuda Shield ke-13 dihadiri oleh Bupati Kabupaten Situbondo Dadang Wigiarto, Forkopimda Jember, Situbondo, Banyuwangi dan para Dansat satuan jajaran Kostrad, Kodam V/Brawijaya serta Dankolatmar TNI AL.
(Joe)