Panglima TNI : Pengiriman Satgas Kesehatan TNI Sesuai Konstitusi

  • Whatsapp

Pengiriman Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Kesehatan TNI ke Papua dalam rangka memberikan pelayanan dan pengobatan kepada warga Kabupaten Asmat yang terkena wabah penyakit campak dan gizi buruk, sudah sesuai dengan Konstitusi TNI yaitu melaksanakan tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Hal tersebut dikatakan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. pada upacara pemberangkatan 260 personel Satgas Kesehatan TNI, bertempat di Skadron Udara 2, Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (25/1/2018).

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyampaikan bahwa pembentukan Satgas Kesehatan TNI ke Papua merupakan perintah Presiden RI Ir. Joko Widodo pada saat memberikan pembekalan kepada peserta Rapim TNI-Polri, tanggal 23 Januari 2018 di Mabes TNI. “Menindak lanjuti perintah Presiden RI, Saya selaku Panglima TNI segera membentuk Satgas Kesehatan TNI, dan pada hari ini diberangkatkan ke Timika, selanjutnya ke Kabupaten Asmat,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Panglima TNI menjelaskan bahwa pada saat wabah penyakit campak dan gizi buruk terjadi di wilayah Asmat Papua, pada tanggal 15 Januari 2018 sebanyak 10 personel tim pendahulu dari Kesdam XVII/Cendrawasih sudah memberikan pengobatan secara terbatas. Selanjutnya, Mabes TNI mengirimkan 53 personel yang tergabung dalam Satgas Kesehatan TNI, terdiri dari dokter spesialis dan paramedis untuk mempercepat penanganan wabah penyakit campak dan gizi buruk yang terjadi di Kabupaten Asmat, Papua.

“Prajurit TNI sebagai bagian dari komponen bangsa dan sebagai tentara rakyat memiliki kewajiban moral dan tanggung jawab profesional, untuk dapat membantu saudara-saudara kita yang sedang mengalami musibah di Asmat, Papua,” ujar Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Lebih lanjut Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menuturkan bahwa Satgas Kesehatan TNI tahun 2018 rencananya akan melaksanakan tugas selama 270 hari, dalam rangka memberikan pelayanan bantuan kesehatan kepada masyarakat di wilayah Papua dan Papua Barat. “Saya berkeyakinan bahwa sekecil apapun tugas yang diberikan kepada TNI, akan dapat dilaksanakan dengan tuntas,” katanya.

Diakhir pengarahannya, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memberikan penekanan kepada seluruh personel Satgas Kesehatan TNI. Pertama, kepada personel Satgas Kesehatan TNI, saya perintahkan untuk melaksanakan tugas dengan semangat dan keikhlasan serta profesionalisme yang tinggi karena tugas ini merupakan tugas mulia.

Kedua, Komandan Satgas agar melaksanakan koordinasi yang ketat dengan satuan-satuan lainnya yang sudah tergelar di wilayah operasi, dan lakukan perkiraan cepat terhadap situasi yang terjadi serta segera mengambil berbagai langkah yang diperlukan untuk membantu menanggulangi musibah yang terjadi di wilayah operasi.

Ketiga, Komandan Satgas agar melakukan koordinasi ketat dengan instansi terkait baik Sipil maupun Polri agar dicapai sinergi dan upaya yang baik dalam rangka mempercepat mitigasi permasalahan gizi buruk dan kejadian luar biasa campak. Kehadiran TNI dan instansi lainnya bertujuan untuk membantu saudara-saudara kita yang tertimpa kemalangan dan bukan untuk mencari panggung pencitraan.

Keempat, Komandan Satgas agar memperhatikan komando dan kendali pasukan secara efektif dan sesuai dengan SOP yang berlaku serta perhatikan faktor kerawanan setempat demi menjaga keamanan baik untuk personel, materiil maupun bahan keterangan yang dibawa ke daerah operasi. Dan jangan sampai kehadiran TNI yang seharusnya memberikan bantuan justru menimbulkan masalah baru.

Kelima, saya perintahkan kepada seluruh Satgas Kesehatan TNI yang terlibat agar peka dalam memperhatikan adat istiadat dan kebiasaan yang berlaku di wilayah setempat, lakukan adaptasi secara cepat, koordinasi dengan aparat teritorial termasuk tokoh masyarakat dan tokoh adat setempat.

Dihadapan awak media, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa hari ini diberangkatkan 260 personel Tenaga Kesehatan TNI, seperti dokter spesialis dan tenaga medis untuk memberikan pengobatan kepada warga Asmat di Papua. Disamping dokter spesialis dan tenaga medis, TNI juga membantu berupa bahan makanan, obat-obatan dan pakaian layak pakai. “Selain itu, TNI juga menyiapkan tiga pesawat angkut medis udara sebagai alat transportasi guna mendukung operasional satgas,” katanya.

“Saya mohon doa masyarakat Indonesia, semoga tugas mulia yang diemban Satgas Kesehatan TNI dalam membantu saudara-saudara kita di Asmat, Papua yang sedang mengalami musibah dapat terlaksana dengan sukses,” tutupnya.

beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *