Pasca Vaksinasi Covid-19 Terakhir, Empat Minggu Bisa Donor Darah

  • Whatsapp

JEMBER, beritalima.com | Pasca vaksinasi Covid-19, baru empat minggu relawan bisa kembali melakukan donor darah.

Sedangkan untuk vaksinasi pertama, bisa dilakukan setelah enam minggu. Karena jarak vaksin pertama ke vaksin kedua ialah dua minggu.

Bacaan Lainnya

Perihal itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) PMI Pusat tentang donor darah terkait vaksinasi Covid-19 tertanggal 28 Februari 2021.

Ketua PMI Kabupaten Jember, EA Zaenal Marzuki menyampaikan, untuk mengantisipasi berkurangnya pendonor, PMI Jember disarankan agar sosialisasi kepada masyarakat, untuk donor darah sebelum menerima vaksin.

“Kami imbau para relawan kemanusiaan donor darah, untuk terlebuh dahulu donor darah, lalu vaksinasi. Karena butuh waktu empat minggu, dari jadwal vaksin terakhir, untuk ikut donor darah lagi,” katanya, Rabu (10/3/2021).

Dia menjelaskan, jika dihitung dari vaksinasi Covid-19 yang pertama, maka donor darah baru boleh enam minggu pasca vaksin. Jika mengacu pada vaksinasi kedua maka baru empat minggu berikutnya, baru boleh donor darah.

Selain itu, dalam SE PMI pusat itu juga memberikan informasi, bahwa ada beberpa jenis vaksin Covid-19 yang digunakan oleh pemerintah. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait