Pastikan Keselamatan Perjalanan KA, KAI Sidak Pencegahan Narkotika

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Selasa (20/12/2022), petugas Unit Kesehatan KAI Daop 8 Surabaya tiba-tiba datang di beberapa lokasi seperti Balai Yasa Surabaya Gubeng, UPT CREW Surabaya Kota, UPT CREW Surabaya Pasar Turi, dan Kantor SOT Surabaya Kota.

Dalam sidak (inspeksi mendadak) itu para petugas melakukan pemeriksaan kesehatan sekaligus kemungkinan adanya penyalahgunaan Narkotika.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, mengatakan, pemeriksaan kesehatan ini dilakukan dalam rangka menjaga keselamatan dan keamanan perjalanan KA khususnya di masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2022/2023.

“Untuk memastikan pekerja yg bertugas sebagai Awak Sarana Perkeretaapian menjaga keselamatan dan keamanan perjalanan KA, KAI melakukan sidak deteksi penyalahgunaan narkotika di beberapa lokasi,” ujar Luqman.

Sebagaimana diketahui, masa angkutan Natal dan Tahun Baru telah ditetapkan selama 18 hari mulai 22 Desember 2022 sampai 8 Januari 2023. PT KAI Daop 8 Surabaya mengerahkan seluruh sumber daya yang ada, baik sarana, prasarana maupun Sumber Daya Manusia (SDM)-nya.

“Untuk memastikan pekerja yg bertugas sebagai Awak Sarana Perkeretaapian menjaga keselamatan dan keamanan perjalanan KA, KAI melakukan sidak deteksi penyalahgunaan narkotika di beberapa lokasi,” tandas Luqman.

Pada tanggal 20 Desember, petugas dari Unit Kesehatan KAI melakukan pemeriksaan di beberapa lokasi, yakni Balai Yasa Surabaya Gubeng, UPT CREW Surabaya Kota, UPT CREW Surabaya Pasar Turi, Kantor SOT Surabaya Kota.

Mereka yang dites narkotika di antaranya pekerja Balai Yasa Surabaya Gubeng, Masinis, Assistant Masinis, Polsuska, serta TKA, yang dilakukan secara acak. “Dari 65 petugas yang dilakukan sampling pemeriksaan narkotika semuanya dinyatakan negatif,” kata Luqman.

Luqman menyampaikan, dengan adanya sidak ini diharapkan para petugas PT KAI terhindar dari penyalahgunaan narkotika maupun obat-obatan terlarang. “Apabila ada petugas yang positif, tentu akan ditindaklanjuti dengan pemeriksaan lebih lanjut,” lanjutnya.

Ditambahkan, PT KAI akan tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan perjalanan KA serta memastikan persyaratan dan penerapan protokol kesehatan. (Gan)

Teks Foto: Petugas Unit Kesehatan KAI ketika sidak kemungkinan adanya penyalahgunaan narkotika, Selasa (20/12/2022).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait