Patdono Suwignyo: LLDIKTI IX Capai Target 1 Akreditasi Institusi A Tapi Masih Ada Satu Utang

  • Whatsapp

BATAM. Kantor LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi telah mencapai target dari Kemenristekdikti mencapai satu PTS meraih nilai A akreditasi institusi perguruan tinggi dari BAN-PT.

Walau telah mencapai satu akreditasi A, tetapi LLDIKTI IX masih punya utang satu untuk pencapaian akreditasi institusi A.

Demikian ditegaskan Ditjen Kelembagaan Iptek Dikti, Patdono Suwignyo, saat membawakan materi sekaligus membuka Rakerwil 2019 LLDIKTI IX Sulawesi di Batam, Senin 22 April 2019.

Dijelaskan, dua tahun lalu semua LLDIKTI seluruh Indonesia ditargetkan harus ada akreditasi institusi dengan nilai A, kecuali LLDIKTI di wilayah Papua dan Maluku.

Kondisi akreditasi institusi dengan nilai A pada 2015, hanya 21, dari jumlah itu 19 di antaranya ada di Jawa dan 2 di luar Jawa.

Kondisi perlahan berubah per Desember 2018 dengan mencapai 85 kampus nilai akreditasi institusi A, katanya.

www.beritalima.com

Setahun kemudian sampai Maret 2019 akreditasi institusi mencapai 91 kampus dengan mendapat pendampingan dan supervisi dari Kemenristekdikti, tegasnya.

Khusus di LLDIKTI jumlah kampus akreditasi institusi A berjumlah 38, akreditasi B sebanyak 596 dan nilai C jumlahnya 904 dan totol akreditasi institusi 1538 kampus PTS

LLDIKTI IX baru 1 akreditasi institusi A yakni UMI Makassar, nilai B sebanyak 34 dan nilai C jumlahnya 136 dan total kampus terakreditasi institusi 176, ungkapnya.

Kantor LLDIKTI yang terbanyak akreditasi institusi A adalah LLDIKTI Wilayah III sebanyak 13, LLDIKTI Wilayah VII (7), LLDIKTI Wilayah V (6).

Kepala LLDIKTI IX Sulawesi, Prof Dr Jasruddin, M.Si pada setiap kali kesempatan bertatap muka dengan jajaran kampus PTS selalu menekankan.

Ada lima kampus PTS yang ditargetkan dapat meraih nilai A akreditasi institusi, kelima kampus itu yakni; Unismuh Makassar, Unibos Makassar, Universitas Fajar, Universitas Islam Makassar dan UKIP Makassar.

Rakerwil 2019 LLDIKTI pertama kalinya dihadiri kampus PTN yakni Universitas Sulawesi Barat, diwakili PR I, Dr Muh Sa’ad, MA serta Universitas Sam Ratulangi Manado diwakili, Dr Sintya J.K. Umboh S, Pt.M.Si.

Demikian Humas Panitia Rakerwil 2019 LLDIKTI IX Sulawesi, Muhammad Yahya melaporkan dari Batam. (ma’ruf)

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *