Patuhi Prokes, Wabup Sumenep Lantik Kades PAW

  • Whatsapp
Pelantikan Kepala Desa Terpilih Hasil Pemilihan Kepala Desa Pergantian Antar Waktu (PAW) di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep

SUMENEP, beritalima.com| Pemerintah Kabupaten Sumenep berharap Kepala Desa (Kades) memanfaatkan Dana Desa (DD) untuk memperkuat perekonomian masyarakat desa, salah satunya dengan membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Sampai saat ini, BUMDes yang terbentuk berjumlah 276 BUMDes dari 330 desa se-Kabupaten Sumenep, rinciannya setelah dilakukan penilaian pada tahun 2019 diklasifikasikan menjadi 174 BUMDes dasar, sebanyak 97 BUMDes tumbuh dan 4 BUMDes berkembang serta 1 BUMDes maju,” kata Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, SH, MH pada Pelantikan Kepala Desa Terpilih Hasil Pemilihan Kepala Desa Pergantian Antar Waktu (PAW) di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep, Selasa (29/12/2020).

Bacaan Lainnya

Satu Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang maju sesuai dengan penilaian itu adalah BUMDes Anugrah Desa Dungkek Kecamatan Dungkek sebagai BUMDes percontohan, karena sudah mampu menyumbang Pendapatan Asli Desa (PADes) sebesar Rp19 juta pada tahun 2019.

“Untuk itulah, kepala desa harus mengembangkan Badan Usaha Milik Desa-nya, sebagai upaya memandirikan dan memperkuat ekonomi desa,” jelas Politisi PDI Perjuangan ini.

Wabup mengungkapkan, kepala desa jangan ragu-ragu untuk mencontoh BUMDes yang sudah maju sebagai motivasi mengembangkan desanya, karena dengan pemberdayaan BUMDes ini bisa meningkatkan taraf hidup perekonomian masyarakat, apalagi saat ini di tengah wabah Covid-19.

Tentu saja, pengembangan BUMDes membutuhkan inovasi dan kreativitas yang tinggi, sehingga Kepala Desa harus punya ide-ide kreatif untuk mengangkat potensi di masing-masing desanya.

“Yang jelas, Kepala Desa untuk memulai BUMDes-nya membutuhkan kerja keras dan keberanian terutama dalam menggali potensi yang dimiliki desanya,” pungkasnya.

Sementara, Pelantikan Kepala Desa Terpilih Hasil Pemilihan Kepala Desa Pergantian Antar Waktu (PAW) tahun 2020, yakni Kepala Desa Campor Timor Kecamatan Ambuten Hairul Anwar, Kepala Desa Nonggunong Kecamatan Nonggunong Herman dan Kepala Desa Pananggungan Kecamatan Guluk-Guluk Fazri Ibnu Asis Jibran.

Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Kepala Desa Terpilih Hasil Pemilihan Kepala Desa Pergantian Antar Waktu (PAW) tahun 2020 dilakukan Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, SH, MH, di Aula Al-Qarny Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sumenep.

Pengambilan sumpah dan pelantikan Kepala desa Antar Waktu berjalan Kondusif dengan mematuhi Protokol kesehatan 3M yaitu dengan Menjaga Jarak, Memakai Masker dan Mencuci tangan pakai sabun.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait