PB Inspira Bersama Jurnalis Mancing Indonesia (JMI) Bogor Raya Salurkan Bantuan Kemanusiaan di Lokasi Bencana Longsor Cianten-Leuwiliang Bogor

  • Whatsapp

Bogor — Bantuan kemanusiaan bagi masyarakat terdampak bencana banjir bandang dan longsor sejumlah pemukiman di Desa Purasari, Cianten, Leuwiliang, Kabupaten Bogor terus mengalir. Masyarakat di kawasan hulu yang didera 42 titik longsor itu kini dalam proses pemulihan.

Bersama organisasi kepemudaan, Pengurus Besar Inisiator Perjuangan Ide Rakyat (PB Inspira), Jurnalis Mancing Indonesia (JMI) Bogor Raya menyalurkan bantuan berupa kasur lipat, selimut, mie instan dan perlengkapan pendidikan dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Rabu (6/7/2022).

Selain itu, JMI Bogor Raya juga menyampaikan bantuan secara langsung kebutuhan dasar anak-anak dari Keluarga Besar SDN Polisi 1 Kota Bogor berupa susu formula untuk balita, popok bayi, perlengkapan bayi hingga makanan ringan yang dikemas dalam program Trauma Healing bersama para Relawan Trabas Squad.

Ketua JMI Bogor Raya, Billy Adhiyaksa mengatakan, aksi kemanusiaan tersebut dilakukan untuk menyampaikan pesan penting kepada masyarakat luas terkait kondisi terkini masyarakat terdampak bencana.

“Apa yang kami bawa merupakan hasil observasi saat kami melakukan peliputan di area terdampak bencana. Bantuan yang kami sampaikan menyesuaikan kepada kebutuhan mereka. Semoga bermanfaat dan bisa membuat mereka tersenyum, terutama anak-anak korban bencana alam,” kata Billy.

Billy juga mengapresiasi para relawan Trabas Squad yang tak pernah lelah menyapa masyarakat di sejumlah titik terisolir.

“Tugas kami selanjutnya adalah mensupport kegiatan relawan muda sangat bersemangat menyertai warga terdampak, khususnya dalam program trauma healing. Untuk itu, posko aksi kemanusiaan JMI Bogor Raya akan terus kami buka,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum PB Inspira, Rizki Fathul Hakim mengatakan, distribusi bantuan yang menjadi amanah dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo itu, merupakan bantuan tahap ketiga yang telah disalurkan melalui PB Inspira.

“Sebelumnya kami telah mendistribusikan bantuan di Desa Tanjungsari. Hari ini kami fokuskan bantuan di titik Cianten yang sebelumnya terisolir akibat 16 titik longsor,” kata Ikiw, sapaan akrab Rizki Fathul Hakim itu.

Bantuan yang diangkut seunit truk Satpol PP Kota Bogor dan seunit truk Polres Bogor itu, diterima baik masyarakat. Salahsatunya, Abdul Muis yang rumahnya rata dengan tanah akibat tertimbun material longsor.

“Baru kali ini ada bantuan berupa kasur dan selimut seperti ini. Terimakasih atas perhatiannya kepada kami,” kata warga RW 9, Desa Purasari, Cianten, Leuwiliang, Kabupaten Bogor itu. (ar)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait