Pelanggan KA di Daop 8 Surabaya Naik 32%

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya mencatatkan volume pelanggan KA jarak jauh selama libur Hari Waisak dan cuti bersama akhir pekan mulai 23 hingga 26 Mei 2024 kemarin sejumlah 96.164 pelanggan.

Angka keberangkatan itu meningkat sebesar 32% atau 23.519 pelanggan dibanding periode yang sama minggu sebelumnya yang tercatat 69.354 pelanggan.

Sedangkan jumlah pelanggan yang turun di wilayah Daop 8 Surabaya semasa libur Hari Waisak dan cuti bersama akhir pekan tersebut tercatat 86.093 pelanggan, juga mengalami peningkatan 28% atau 19.577 pelanggan dibanding periode sama minggu sebelumnya yang tercatat 66.516 pelanggan.

Puncak kepadatan keberangkatan pada periode libur panjang akhir pekan kemarin terjadi pada Kamis (23/5) sebanyak 21.250 pelanggan. Sedangkan pelanggan yang turun terbanyak terjadi pada Minggu (26/5), 20.549 pelanggan.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan, para pelanggan di Daop 8 Surabaya didominasi dengan KA tujuan Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Jember dan Banyuwangi.

Sedangkan 5 KA jarak jauh terbanyak mengangkut keberangkatan pelanggan adalah KA Airlangga relasi Surabaya Pasarturi – Pasarsenen, KA Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya Pasarturi – Gambir, KA Sancaka relasi Surabaya Gubeng – Yogyakarta, KA Malabar relasi Malang – Bandung, dan KA Tawangalun relasi Malang Kotalama – Ketapang.

Menurut Luqman, peningkatan volume pelanggan KA jarak jauh ini merupakan bentuk kepercayaan masyarakat pada transportasi kereta api yang dijadikan sebuah pilihan utama untuk mobilitas, terutama pada libur panjang akhir pekan.

Dia pun mengatakan, transportasi kereta api memiliki beberapa kelebihan dibanding transportasi darat lainnya. Dia sebut misalnya keselamatan perjalanan, kenyamanan pelanggan, kemudahan dalam menggunakan fasilitas yang ada, ketepatan waktu, bebas kemacetan, hingga mengurangi potensi kecelakaan di jalan raya.

“Kami mengucapkan terima kasih pada seluruh pelanggan KA jarak jauh atas kepercayaannya telah menggunakan transportasi KA dalam mendukung mobilitasnya, khususnya selama libur panjang akhir pekan Waisak,” ucap Luqman. “Kami akan terus berkomitmen menyediakan angkutan KA yang aman, nyaman, dan tepat waktu,” imbuhnya.

Teks Foto: Situasi Stasiun Surabaya Gubeng di hari terakhir libur panjang Hari Waisak dan cuti bersama akhir pekan, Minggu (26/05/2024)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait