Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Ditengah Kegiatan TMMD

  • Whatsapp

Ternate ; 20/04/2017 Autentifikasi Nomor : B/064-PEN/IV/2017

Pelatihan pembuatan pupuk organik ditengah kegiatan TMMD

Botang Lomang , 20/04 dalam kegiatan TMMD ke 98 yang memasuki hari ke 15 di wilayah Kodim 1509/Labuha berikan pelatihan pembuatan organik pupuk lokal bagi kelompok Tani di Pulau  Botang Lomang.

Pelatihan yang digelar di Desa Kampung Baru terselenggara atas kerjasama antara Kodim 1509/Labuha dengan Dinas Pertanian Kab. Halmahera Selatan serta PT. Trimegah Bangun Persada dan PT. Megah Surya Pertiwi. Pelatihan ini ditujukan bagi kelompok Tani dari 8 Desa yang tersebar di Pulau Botang Lomang.Pengetahuan pembuatan pupuk bagi petani ini diberikan, karena cukup mahalnya harga pupuk bagi ukuran petani di Botang Lomang sehingga tanaman cengkeh dan Pala terkadang dibiarkan tumbuh secara alami.

Pelatihan bagi petani kali ini difokuskan dalam pembuatan pupuk berbahan lokal yang dapat diperoleh disekitar tempat tinggal  berupa sisa sayur-sayuran, pohon pisang,  gula merah dan sebagainya. Selanjutnya diolah menggunakan mikro organisme lokal untuk proses fermentasi selama 15 hari dan akan menghasilkan pupuk cair. Sisa hasil Fermentasi dapat digunakan sebagai pupuk Kompos dalam waktu 30 hari. Pelatihan ini diberikan oleh  Awaludin Superintendent CSR PT. Tri Megah Bangun Persada dan PT. Megah Surya Pertiwi yang didampingi oleh tenaga penyuluh dari Distan Kab. Halmahera Selatan.

“Dengan pupuk ini petani akan menghemat biaya sampai nol rupiah, karena bahan pembuatan pupuk bisa didapat secara gratis dan hasilnya bisa mencapai 10 liter sekali membuat. Sedangkan bahan serupa pupuk cair yang dijual di toko harganya satu liter mencapai 150 ribu,” ujar Awaludin saat ditemui di tempat pelatihan.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *