Pelindo III dan Pemkot Surabaya Kerjasama Bidang Pengembangan SDM

  • Whatsapp
Walikota Surabaya bersama jajaran Direksi PT Pelindo III usai penandatanganan kerjasama di bidang pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia dan penyerapan tenaga kerja di Balai Kota Surabaya, Senin (12/6/2017)

SURABAYA, beritalima.com – Pemerintah Kota Surabaya dan PT Pelindo Daya Sejahtera, anak perusahaan PT Pelindo III, melakukan kerjasama di bidang pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia dan penyerapan tenaga kerja di Surabaya.

Perjanjian kerjasama itu ditandatangani Walikota Surabaya, Tri Rismaharini,
Surabaya, Tri Rismaharini dan Direktur Utama PT PDS, Gugus Wijanarko, di Balai Kota Surabaya, Senin (12/6/2017).

Penandatanganan MoU tersebut disaksikan Direktur Utama PT Pelindo III, Ari Askhara, beserta jajarannya, dan Asisten II Sekkota Surabaya, M.Taswin, serta Kepala Dinas Sosial Kota Surabaya, Supomo.

“Target kerjasama ini peningkatan tenaga kerja. Selain memberikan bantuan keterampilan, juga bisa menerima sebagai pegawai,” kata Dirut PT Pelindo III, Ari Askhara, saat penandatanganan kerjasama di Balai Kota Surabaya, Senin (12/6/2017).

“Kerjasama ini tidak hanya berfokus pada kawasan Pelindo III, tetapi akan keluar dari kawasan Pelindo III. Jadi butuh lebih banyak tenaga kerja,” tambahnya.

Menurutnya, selama ini Pelindo III telah bekerjasama dengan Pemkot Surabaya. Namun untuk penandatanganan kerjasama ini lebih fokus pada penyiapan tenaga kerja untuk operasional di Pelindo III.

Outputnya, lanjut dia, adalah demi memenuhi apa yang ditugaskan oleh Kementerian BUMN, di antaranya agar arus barang semakin cepat dan juga efisiensi biaya.

Terkait berapa banyak kebutuhan Pelindo III akan tenaga kerja, Ari belum bisa menyampaikan, karena rencana pengembangan usaha sedang dibuat.

“Kalau kami perlunya banyak. Tergantung berapa warga Surabaya yang bisa, karena kami punya kualifikasi sendiri,” ujarnya.

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, mengatakan, Pemkot Surabaya membukakan peluang bagi warganya untuk bisa bekerja setelah lulus dari bangku sekolah menengah atas dan sederajat.

April lalu, kata Risma, sebanyak 24 anak Surabaya telah diterima bekerja di PT Garuda Maintenance Facility (GMF). Itu merupakan salah satu dari program beasiswa yang diberikan Pemkot bagi mereka yang punya kompetensi tetapi berasal dari keluarga kurang mampu.

“Jadi anak-anak yang lulus SMA/SMK, kalau tidak mampu kuliah bisa langsung bekerja. Alhamdulillah Pelindo III bisa membantu. Beberapa anak Surabaya juga sudah ada yang bekerja di anak perusahaan Pelindo III. Ini anak-anak yang di GMF, sudah satu bulan bekerja dan terima gaji,” ujarnya.

Nantinya, lanjut dia, Pemkot Surabaya melalui Dinas Sosial akan melakukan pendampingan untuk mengetahui keinginan dari anak-anak yang memiliki minat bekerja di anak perusahaan Pelindo III tersebut. “Jadi kalau ada anak yang mau, kita tanya dulu inginnya apa,” ujarnya. (Ganefo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *