Peluncuran Harteknas 2017 di Pelabuhan Paotere Makassar

  • Whatsapp

Rangkaian kegiatan memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) ke-22, 10 Agustus 2017 di Center Point of Indonesia (CPI) Makassar, akan diluncurkan, Jumat (16/6/2017) di Pelabuhan Paotere Makassar.

Demikian ditegaskan Sekretaris Harian Harteknas 2017, Supriadi, S.Sos, Selasa (6/6/2017) pada rapat kordinasi dengan humas Pemrov Sulsel diwakili Plt Kasubag Pegumpulan Komunikasi dan Informasi, Kamaruddin, wakil dari humas Pemkot Makassar, Humas Unhas, Ishak Rahman, UNM (Burhanuddin) dan Kopertis IX Sulawesi (Moh Yahya Mustafa) serta EO yang akan melaksanakan persiapan peluncuran acara itu.

Dijelaskan, pada peluncuran rangkaian Harteknas 2017 ini direncanakan bakal hadir, Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, .Puan Maharani, Menteri ESDM Ignasius Johan, Menteri Perhubungan Budi Karya, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, Menteri Kesehatan, Nila Djuwita Muluk serta Menristekdikti, Muhammad Nasir.

Pada tingkat nasional Menristekdikti Mohamad Nasir telah meluncurkan Hakteknas di Gedung II Lapangan Upacara BPPT Jakarta Pusat, Selasa (25/4/2017). Tema diangkat soal pembangunan poros maritim, dengan subtema peran SDM dan inovasi dalam pembangunan maritim Indonesia, kata Supriadi.

Pilihan pada tema itu sesuai visi pembangunan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Paling tidak ada 4 hal jadi fokus pembangunan maritim di Indonesia, yaitu penguatan kedaulatan maritim, pengelolaan SDA secara mandiri dan berkelanjutan, pengembangan infrastruktur secara mandiri dan terpadu, serta pengembangan SDM, iptek, dan budaya maritim, seperti diungkapkan Menristekdikti saat peluncuran Harteknas 2017 di Jakarta, tegas Kepala Bagian Hukum, Kerjasama dan Layanan Informasi Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti RI ini.
Kota Makassar jadi lokasi penyelenggaraan puncak peringatan Hakteknas ke 22 karena Sulawesi Selatan merupakan salah satu provinsi dengan garis pantai terpanjang di Indonesia. Sulawesi Selatan juga merupakan provinsi dengan dinamika pembangunan pesisir paling tinggi di Indonesia.
Selain kedua faktor tersebut, Pelabuhan Makassar merupakan pelabuhan terpadat di kawasan Indonesia Timur. Sehingga diharapkan dapat menjadi pilar dalam mendukung poros kemaritiman.
Harteknas 2017 akan dimeriahkan dengan mini eksebisi produk inovasi dari berbagi LPNK, BUMN Industri Strategis, Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT), da, kampus PTN dan PTS, Pemkot Makassar, katanya. (yahya)
Ketgam:

Sekretaris Harian Harteknas 2017, Supriadi, S.Sos, Selasa (6/6/2017) pada rapat kordinasi persiapan peluncuran rangkaian acara Harteknas 2017 di Makassar. (foto:ist)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *