Pemberdayaan Petani di Pedesaan,Cakra 19 Aceh Ciptakan Program

  • Whatsapp

ACEH,Beritalima-Tim Cakra 19 perwakilan Aceh dan Tim Cakra 19 Cabang Aceh Tengah yang di tunjuk untuk Memenangkan Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019 melakukan konsultasi program pemberdayaan petani Desa pada Masyarakat Dedamar kecamatan Bintang kabupaten Aceh Tengah, Kamis sore 3 Januari 2019.

Masyarakat Kecamatan Bintang menyampaikan ingin bercocok tanam bawang putih sekalian menunjukkan lahan 30 H lebih yang sudah dibersihkan bersama kelompok tani untuk bercocok tanam, karna keterbatasan modal sehingga lahan subur tersebut hampir telantar.

Mendengar keluhan masyarakat Tim Cakra 19 perwakilan Aceh menawarkan untuk lahan mereka menanam bawang putih, ketika melihat langsung kelokasi lahan yang tandus dan tanah cukup subur’ Gumarni, ketua Cakra 19 perwakilan Aceh yang meliputi Dapil II Aceh menawarkan dan solusi Untuk percontohan (pilotprojet) dilakukan pembinaan tahab awal dengan sistim perjanjian yang mengikat antara Perusahaan dan kelompok tani tersebut.

“Cakra 19 Aceh siap memberikan bibit bawang putih, pupuk,serta konsumsi (kepentingan petani selama musim tanam) untuk lahan 30 Hektar yang telah dibersihkan oleh kelompok tani.

“Ada perjanjian langsung antara pihak perusahaan dengan Masyarakat, salah satu perjanjian mau menjual langsung hasil panen dengan harga pasaran pada perusahaan yang memberikan bibit.

“Ketua Kelompok tani kecamatan Bintang Kaswandi, S.Kep mengatakan, kami siap bekerja sama dengan ketentuan yang telah disepakati sejauh tidak merugikan bersama antara pemberi modal dan bibit dengan petani dan Masyarakat seputaran ini.

Setelah melahirkan kesepakatan bersama,Ketua Cakra 19 Perwakilan Aceh berjanji akhir januari 2019 ini setelah selesai proses anministrasi dan langsung kita antarkan bibit bawang putih, pupuk,dan kepentingan lainnya untuk kelompok tani disini,”(A79)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *