Pemenang Lomba Pra OSN Yang Diselenggarakan Disdikbud Jombang, Masuk SMA Jalur Prestasi

  • Whatsapp

Jombang | beritalima.com – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang telah menyelenggarakan kegiatan Pra Olimpiade Sains Nasional (Pra OSN) jenjang SMP Tahun 2024, yang dilaksanakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), 13 Februari 2024 lalu, diterima beritalima.com, Minggu (17/3/2024).

Kepala Sekolah yang diundang Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang diminta untuk mengirimkan delegasi siswa untuk mengikuti kegiatan lomba olimpiade sain tersebut. Sedangkan pendaftaran waktu itu telah dibuka sejak 13 Februari hingga 5 Maret 2024 pukul 12.00 wib.

Senen, S.Sos.,, M.Si selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang menegaskan bahwa ketentuan umum Pra Olimpiade Sains Nasional (Pra OSN) Jenjang SMP Tahun 2024 terdiri beberapa persyaratan.

Lanjutnya, peserta diikuti siswa SMP baik negeri maupun swasta terbagi tiga tempat yakni SMPN 1, SMPN 2, dan SMPN 3 Jombang dan djlaksanakan dengan sistem Computer Based Test (CBT). Sedangkan Pra OSN terdiri dari tiga mata pelajaran yakni ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Matematika, yang pada gilirannya babak final diikuti 60 siswa di tiap-tiap mata pelajaran.

Sedangkan pembukaan final Pra OSN dilaksanakan di SMPN 1 Jombang, 7 Maret Lalu, dihadiri Kepala Bidang Pembinaan SMP Disdikbud Jombang Safak Efendi.

“Dari 60 siswa tiap mata pelajaran akan diambil Juara 1 sampai 3 serta Juara Harapan 1 sampai 3 yang mana kejuaraan ini diakui untuk masuk Sekolah Menengah Atas (SMA) jalur prestasi,” tutur Safak.

Ia pun menegaskan Pra OSN ini merupakan bentuk kesiapan Dinas Pendidikan untuk mengikuti OSN, meskipun semua siswa yang tidak mengikuti Pra OSN juga bisa mendaftar OSN.

“Endingnya munculnya budaya mutu bagi anak-anak,” pungkas Safak.

Jurnalis : Dedy Mulyadi

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait