Pemkab Jember Sinergi Dengan UNESCO dan UMM, Bangun PLTS Serta PLTMH

  • Whatsapp
Pembahasan pembangunan PLTS dan PLTMH (beritalima.com/istimewa)
Pembahasan pembangunan PLTS dan PLTMH (beritalima.com/istimewa)

JEMBER, beritalima.com | Pemerintah Kabupaten Jember bersinergi dengan United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) serta Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Sinergi itu menghasilkan kesepakatan, yakni di Jember akan dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH).

Bacaan Lainnya

Hadir dalam sinergi di Hall Praja Mukti Pemkab Jember, Pj. Sekda Jember Arief Tyahyono, Prof Dr. Ignasius D.A Sutapa dari UNESCO serta Dr. Ir. Indah Prihartini dari UMM beserta jajajaran lainnya, Senin (6/3/2023).

Pj. Sekda Arief Tyahyono mengatakan, Kabupaten Jember memiliki potensi yang sangat luar biasa, mulai dari swasembada pangan hingga Jember disebut Lumbung pangan terbesar di Jawa Timur.

Sedangkan hasil kesepakatan kali ini, menurut Arief menghasilkan, Pemkab Jember akan membuat PLTS dan PLTMH.

Namun demikian, Arief menyampaikan, tentunya  hal ini menjadi angin segar untuk terus melangkah, dan bersinergi dengan UNESCO dan UMM.

“Kami Pemkab Jember bersinergi dengan UMM dan juga UNESCO dalam pembuatan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) serta Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS),” kata Arief.

“Hal ini sesuai dengan petunjuk Bupati, wes wayahe Jember mandiri pangan dan energi,” sambungnya.

Informasi didapatkan, progres pengerjaan PLTS dan PLTMH akan digarap tahun ini, mulai dari satu titik, yakni di Desa Rowosari, Sumberjambe.

Desa tersebut menjadi awal pendirian, untuk mendukung pengolahan pertanian organik yang ada, yakni rice wheeling, drying, maupun packing, dengan menggunakan PLTMH sehingga produk organik bisa terverifikasi.

Sementara, Prof. Ignas sangat mendukung adanya potensi dari Kabupaten Jember. Mendengar paparan dari Pj. Sekda, ia sangat yakin Jember bisa berkembang lebih baik kedepannya.

Tak hanya itu, Ignas juga memberikan respon positif dengan rencana pendirian PLTS dan PLTMH di Kabupaten Jember dan siap akan mendukung. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait